Pengunjung “Semu” sebagai dampak dari Promosi Digital dan Implikasinya terhadap Minat Berkunjung Kembali

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yosef Abdul Ghani
Faizal Hamzah
Desyca Bestari Maulisti
Sharon Rosie Shalomitha

Abstract





Pemasaran destinasi melalui media digital semakin banyak digunakan oleh destinasi-destinasi wisata di Indonesia, bahkan terbentuk pendapat bahwa “tempat wisata viral adalah suatu keberhasilan” namun temuan di lapangan tidak sedikit pengunjung yang datang ke destinasi bukan dikarenakan ia butuh untuk menikmati aktifitas berwisata, namun justru dikarenakan rasa keinginan untuk menjadi ikut dari ke-viralan destinasi tersebut, dan setelah masa viral di media sosial hilang, maka jumlah pengunjung ke destinasi pun turun dengan sendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri gejala pengunjung semu dan menangkap hakikat realita gejala tersebut serta memberi kontribusi keilmuan terkait fenomena Pengunjung semu dan memberikan alternatif kebijakan pengembangan desa wisata dengan memperhatikan kecenderungan “pengunjung semu” ini. Hasil penelitian ditemukan bahwa promosi digital memang menjelaskan 53% Perilaku pengunjung semu, namun hal yang dihipotesiskan di awal bahwa pengunjung semu dimungkinkan berpengaruh negatif ditolak. Hasil menunjukan bahwa pengunjung semu tetap signifikan membentuk minat berkunjung kembali ke desa wisata khususnya para remaja usia 12-25 tahun.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ghani, Y. A., Hamzah, F., Maulisti, D. B., & Shalomitha, S. R. (2024). Pengunjung “Semu” sebagai dampak dari Promosi Digital dan Implikasinya terhadap Minat Berkunjung Kembali . Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1), 11-26. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1421

References

Akhmad Safuan. (2022). Sarana Jalan Minimalis, Desa Wisata di Jateng Sepi Pengunjung. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/nusantara/522992/sarana-jalan-minimalis-desa-wisata-di-jateng-sepi-pengunjung
Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, K., Makassar, M., Negeri, I., & Makassar, A. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. 14(1), 15–31.
Basiya, O. :, Hasan, D., & Rozak, A. (n.d.). KUALITAS DAYATARIK WISATA, KEPUASAN DAN NIAT KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN MANCANEGARA DI JAWA TENGAH.
Damanik, J., Wijayanti, A., Nugraha, A., Studi Pariwisata UGM, P., Bulaksumur, K., Doktor Kajian Pariwisata, P., Pascasarjana UGM, S., & Teknika Utara, J. (2018). PERKEMBANGAN SIKLUS HIDUP DESTINASI PARIWISATA DI INDONESIA Analisis Berdasarkan Data Makro Badan Pusat Statistik, 2002-2012. In Jurnal nasional PARIWISATA (Vol. 10, Issue 1). www.bps.go.id
Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Social Environment terhadap Perilaku Fear of Missing Out (FoMO). Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11–20.
Fathadhika, S., & Afriani, -. (2018). Social Media Engagement Sebagai Mediator Antara Fear of Missing Out Dengan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Journal of Psychological Science and Profession, 2(3), 208. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i3.18741
Fitriani, A., Anissa, R. N., Ghani, Y. A., & Dedy, A. (2022). PENGARUH PROMOSI DIGITAL DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI DESA WISATA BUNIHAYU KABUPATEN SUBANG. Jurnal Manajemen Jasa, 2(2). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj
Gerasimos Satria. (n.d.). Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung - Victory News Manggarai Barat. Retrieved March 20, 2023, from https://mabar.victorynews.id/pariwisata/pr-3393828745/obyek-wisata-istana-ular-masih-sepi-pengunjung
Ghani, Y. A. (2015). PENGARUH INOVASI SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA KARANGSETRA WATERLAND. Jurnal Pariwisata, II(2), 98–110.
Ghani, Y. A. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat. Jurnal Pariwisata, 1. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp22
Ghani, Y. A., Astuti, A., Somantri, P. R., & Topiq, S. (2018). Upaya- Upaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Objek Wisata Kampung Tulip. Inarxiv. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/FXU4V
Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling metode alternatif. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). INSTAGRAM TOURISM: MENCIPTAKAN HYPE PADA DESTINASI WISATA (STUDI PADA AKUN @INDOFLASHLIGHT). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 105. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
Henry. (2022, September 22). Cerita Akhir Pekan: Mendadak Desa Wisata yang Tak Semuanya Konsisten - Lifestyle Liputan6.com. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5060111/cerita-akhir-pekan-mendadak-desa-wisata-yang-tak-semuanya-konsisten
I Gede Agus Krisna Warmayana. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0 (Vol. 3).
Kartika Sari, R., & Komunikasi dan Bahasa, F. (2019). VIRAL MARKETING : MEMANFAATKAN KEKUATAN MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN VIRAL MARKETING : HARNESS THE POWER OF SOCIAL MEDIA IN MARKETING COMMUNICATION.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi - Hingga Oktober 2022, Jumlah Wisman ke Indonesia Capai 3,92 Juta Orang. (n.d.). Retrieved March 13, 2023, from https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/hingga-oktober-2022-jumlah-wisman-ke-indonesia-capai-3-92-juta-orang
Khan, M. M., Siddique, M., Yasir, M., Qureshi, M. I., Khan, N., & Safdar, M. Z. (2022). The Significance of Digital Marketing in Shaping Ecotourism Behaviour through Destination Image. Sustainability (Switzerland), 14(12). https://doi.org/10.3390/su14127395
Kunjungan Desa Wisata - Datasets - SATU DATA BANTUL. (n.d.). Retrieved March 20, 2023, from https://data.bantulkab.go.id/fa_IR/dataset/kunjungan-desa-wisata
Panjaitan, S. W. (2016a). ANALISA KONSEP DESAIN INTERIOR TERHADAP SEGMENTASI PADA PENGUNJUNG SEBUAH KAFE. Jurnal Proporsi, 2(1).
Panjaitan, S. W. (2016b). Analisa Konsep Desain Interior Terhadap Segmentasi Pada Pengunjung Sebuah Kafe. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.22303/proporsi.2.1.2016.23-34
Pengunjung Sepi 7 Wisata Kampung Tematik Kota Malang Mati Suri - GenPI.co JATIM. (n.d.). Retrieved March 20, 2023, from https://jatim.genpi.co/travel/17155/pengunjung-sepi-7-wisata-kampung-tematik-kota-malang-mati-suri
Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL, EVENT PARIWISATA, DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DI SANDBOARDING GUMUK PASIR PARANGKUSUMO. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
Putu, N., Dewi, A. P., Widya Paramadhyaksa, N., Prajnawrdhi, T. A., Tata, ) -Konsep, Homestay, K., Desa, D., Pinge, W., & Tabanan, K. (2017). KONSEP TATA KELOLA HOMESTAY DI DESA WISATA PINGE KABUPATEN TABANAN. Seminar Nasional Arsitektur Dan Tata Ruang (SAMARTA), Bali-2017, 101–108.
Ramdhani, F. (2023). 13 Desa Wisata Sepi Pengunjung, Disparpora Kabupaten Madiun Terjunkan Tim Lakukan Pengecekan - Tribunjatim.com. https://jatim.tribunnews.com/2023/03/13/13-desa-wisata-sepi-pengunjung-disparpora-kabupaten-madiun-terjunkan-tim-lakukan-pengecekan
Siaran Pers: Menparekraf: Desa Wisata Jadi Destinasi Favorit saat Libur Lebaran. (n.d.). Retrieved March 21, 2023, from https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/menparekraf-desa-wisata-jadi-destinasi-favorit-saat-libur-lebaran
Yıldırım, S. (2018). PERILAKU KONSUMERIS PENGUNJUNG MALL LIPPO PLAZA KOTA KENDARI. 3(21), 1–9.