Konsep “Sharia Tourism” melalui Strategi Digital Marketing dan Konten Kreatif yang Berkelanjutan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ramdani Setiyariski
Kartika Dewi
Willma Fauzzia

Abstract

Wisatawan muslim menjadi salah satu target utama bagi industri pariwisata di Jawa Barat, walaupun masih belum berkembang secara optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah kurangnya pemahaman dan promosi mengenai pariwisata syariah, untuk mengembangkan industri pariwisata syariah di Jawa Barat diperlukan strategi yang tepat dalam mempromosikan destinasi wisata yang ramah syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun konsep "Sharia Tourism" yang menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara dengan fokus pada pengalaman wisata yang halal dan sesuai dengan ajaran Islam. Konsep ini akan dilakukan melalui strategi digital marketing dan konten kreatif yang dapat meningkatkan daya tarik dan minat berkunjung berwisata. Metode yang akan dilakukan meliputi identifikasi target pasar, penyusunan konsep sharia tourism, pembuatan konten kreatif, dan implementasi strategi digital marketing. Dalam jangka pendek, konsep ini akan memberikan dampak positif bagi industri pariwisata Jawa Barat dengan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan muslim. Dalam jangka panjang, konsep "Sharia Tourism" dapat membantu memperkuat citra Jawa Barat sebagai destinasi wisata yang ramah dan terbuka bagi wisatawan muslim dan non-muslim.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiyariski, R., Dewi, K., & Fauzzia, W. (2023). Konsep “Sharia Tourism” melalui Strategi Digital Marketing dan Konten Kreatif yang Berkelanjutan. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(2), 150-158. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i2.1401

References

Adinugraha, & Sartika. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep dan Implementasi di Indonesia. Human Falah.
Chua, J., Basit, A., & Hassan, Z. (2018). Leadership Style and Its Impact on Employee Performance. International Journal of Accounting & Business Management, 80-94.
Dewi, K., Sudirman, I., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Service Excellence, Aksesibilitas, dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Wisatawan serta Implikasinya terhadap Keputusan Kunjungan Wisaa Halal di Kabupaten Bandung Barat. Media Wisata, 54-66.
Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ela, S. A., & Pratiwi. (2016). Analisis Pasar Wisata Syariah di Kota Yogyakarta. Media Wisata.
Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2016). Analisis Faktor Electronic Word of Mouth (EWOM) dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisata. THE JOURNAL: Tourism and Hospitality Essensials Journal.
Jaelani, A. (2017). International Review of Management and Marketing Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. International Review of Management and Marketing, 25-34.
Millatina, A., Hakimi, F., Zaki, I., & Yuningsih, I. (2019). Peran Pemerintah untuk Menumbuhkan Potensi Pembangunan Pariwisata Halal di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 96-109.
Rachmadi, M. F. (2020). Analisis Optimalisasi Teknologi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Mengembangkan Kawasan Industri Pariwisata Halal guna Meningkatkan Perekonomian Lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Dinamika, 39-53.
Rohimah, A., & Romadhan, M. (2019). Marketing Communication Strategy of Halal Tourism Around Gus Dur's Cemetry in Jombang. Interdisciplinary Journal of Communication.
Romadhan, M. I. (2017). Media Sosial sebagai Sarana Promosi Potensi Desa. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 84-93.
Samchez, & Vargas, A. (2019). Halal Tourism: Literartur Review and Experts view. Journal of Islamic Marketing.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implemnetasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.