Pemanfaatan Promosi Media Sosial Instagram untuk Keberlanjutan Desa Budaya Studi Desa Budaya Kertalungu, Bali Section Artikel

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yohana Dwi Septi Arini
Aldi Lasso

Abstract

Dalam keberlanjutan sebuah destinasi, strategi pemasaran memegang peranan yang sangat penting. Salah satu permasalahan umum yang kerap terjadi di desa wisata adalah keberlanjutan yang disebabkan oleh minimnya upaya pemasaran yang dilakukan oleh pengelola. Penelitian ini bermaksud menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan pengelola Desa Budaya Kertalangu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana proses pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara semi terstruktur, observasi lapangan dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola Desa Budaya Kertalangu telah melakukan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran dimana dilakukan penyediaan produk yang baik (product), modifikasi harga (price), keunikan tempat (place) dan penerapan strategi promosi (promotion) yang terfokus pada pemanfaatan media sosial digital. Namun pengelola membutuhkan admin sosial media yang memiliki kemampuan promosi disemua platform sosial media dan mampu mengikuti tren terkini  sehingga dapat menciptakan konten yang menarik dan efektif. Selain admin sosial media yang mumpuni, Desa Budaya Kertalangu juga membutuhkan sebuah iklan digital untuk mempromosikan Desa Budaya Kertalangu supaya atraksi wisatanya lebih dikenal oleh Masyarakat luas hingga di daerah luar Bali.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arini, Y. D. S., & Lasso, A. (2024). Pemanfaatan Promosi Media Sosial Instagram untuk Keberlanjutan Desa Budaya . Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1), 86-98. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1674

References

Agustinawati, & Puspasari, C. (2018). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2039
Aliyah, K. A. (2017). PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SFA STEAK & RESTO KARANGANYAR).
Fadhallah, R. A. (2021). WAWANCARA. UNJ Pers.
Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Herdiana, D. (2019). Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 63. https://doi.org/10.24843/jumpa.2019.v06.i01.p04
Hutapea, E., & Alexander, H. B. (2018). Kementrian PUPR Dukung 10 KSPN Melalui Infrastruktur. Kompas.Com. https://properti.kompas.com/read/2018/10/11/220000621/kementerian-pupr-dukung-10-kspn-melalui-infrastruktur?page=all
Kesimankertalangu.desa.id. (2024). Profil Demografi Desa Kesiman Kertalangu. https://kesimankertalangu.desa.id/profil-desa/demografi
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip PEMASARAN.
Limarandani, N. P. (2022). Strategi Pemasaran Desa Budaya Kertalangu Sebagai Pusat Wisata Budaya.
Lukito, W. A., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. www.websindo.com,
Morrisan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). KENCANA.
Pangkey, D. E., Tulung, L. E., & Lotulung, L. J. H. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata di Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.1584
Ratu, C., & Made Adikampana, I. (2016). STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA BLIMBINGSARI KABUPATEN JEMBRANA. 4(1).
Rosyadi, Z. M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Salim, F. F. (2023). Strategi Pemasaran Desa Wisata Serangan, Bali.
Suartha, N., & Sudartha, I. G. G. (2017). Industri Pariwisata Bali (1st ed.). Rajawali Pers.
Yacob, S., Qomariyah, N., Marzal, J., & Mulyana, A. (2021). Strategi Pemasaran Desa Wisata.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357