Perancangan Website Media Promosi Wisata Kawah Rengganis Rancabali

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oki Adityawan

Abstract

Kawah Rengganis merupakan objek wisata alam berupa pemandian air panas alami yang berasal dari letusan gunung Sunda purba. Kawah aktif dari letusan gunung tersebut sampai sekarang masih ada dan menjadi objek wisata. Kawah Rengganis ini terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, yang berjarak 60 km dari pusat Kota Bandung. Kawah Rengganis adalah situs budaya yang harus di jaga kelestariannya, sehingga pada tahun 2017 lalu telah dibuat pembatas antara area ziarah dan area pemandian. Kawasan ini pada zaman dahulu adalah tempat bale pertemuan para leluhur sunda, salah satunya Uyut Saratus Bojol Tilu. Pada tahun 1920-an, Kawah Rengganis hanya memiliki 3 bangunan, yaitu rumah Juru Kunci, Mushola dan bale pengobatan. Kawasan ini adalah lokasi potensial sebagai objek wisata alam, oleh karena itu perlu adanya kegiatan promosi untuk memberitahukan kepada masyarakat luas tentang keberadaan Kawah Rengganis ini. Media promosi yang digunakan yaitu berupa website yang berisi informasi lengkap tentang Kawah Rengganis, dengan di media pendukung lainnya berupa poster dan stiker.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adityawan, O. (2022). Perancangan Website Media Promosi Wisata Kawah Rengganis Rancabali. Jurnal Kajian Pariwisata, 4(1), 33-47. https://doi.org/10.51977/jiip.v4i1.746

References

Frank, G. (2012). Not Just Usability – The Four Elements of User Experience. http://uxstrategized.com/White_Paper_Four_Elements_of_User_Experience.pdf
Galitz, W. O. (2007). The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design Principles and Techniques. Wiley Publishing.
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran (Edisi Pert). BPFE.
Gregorius, A. (2000). Microsoft Frontpage 2000 Webbot. PT. Elex Media Komputindo.
Hakim, L. (2004). Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. PT. Elex Media Komputindo.
ISO - ISO 9241-210:2019 - Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. (n.d.). Retrieved June 8, 2022, from https://www.iso.org/standard/77520.html
Lastiansah, S. (2012). Pengertian User Interface. PT. Elex Media Komputindo.
Moleong, L. J. (2007a). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2007b). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Pitana, I. G. (2005). Sosiologi Pariwisata (1st ed.). ANDI.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Treder, M. (2013). UX Design For Startups. In UXPin.