Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap?

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Faizal Hamzah
Yosef Abdul Ghani
Zartian Ade Silfana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi 3.497 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2 dan uji t (uji parsial). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan dan keputusan menginap tamu masuk ke dalam kategori cukup baik. Dari hasil pengujian statistik uji R2 kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 58,1% terhadap keputusan menginap tamu, dan hasil uji t (uji parsial) diperoleh nilai T hitung sebesar 11,662 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman.


The purpose of this study was to empirically test the influence of service quality on guest stay decisions at Mercure Bandung Nexa Supratman Hotel. . This research uses a type of quantitative research method with a descriptive and verifiative approach. The sampling technique used is purposive sampling with a sample number of 100 respondents from a population of 3,497 people. Data analysis techniques use simple linear regression analysis by hypothesis testing using the R2 test and the t test (partial test). The results of descriptive analysis show that the overall quality of service and guest stay decisions fall into the category quite well. From the results of the R2 test statistics, the quality of service had an effect of 58.1% on guest stay decisions, and the results of the t test (partial test) obtained a calculated T value of 11,662 with a significance value of 0.000. Thus, it can be known that H0 is rejected and H1 is accepted. The results of this study showed that the quality of service had a positive and significant effect on guests' stay decisions at Mercure Bandung Nexa Supratman Hotel.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hamzah, F., Abdul Ghani, Y., & Silfana, Z. A. (2022). Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap?. Jurnal Kajian Pariwisata, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.51977/jiip.v4i2.769

References

Abdillah, I. A. (2020). Analisis Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Film Ada Surga di Rumahmu Karya Aditya Gumay.
Amalia, K. (2021). Kajian Kebutuhan Fasilitas Wisata di Kawasan Situ Cangkuang Kabupaten Garut.
Annishia, F. B., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Best Western Premier the Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 19–28.
Djunaid, I. S. (2018). Analisa Bauran Pemasaran (Marketing mix) Jasa Penginapan Berbasis Syariah di Hotel Sofyan Inn Srigunting Bogor. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(1). https://doi.org/10.30813/fame.v1i1.1329
Firnando, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Saburai. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 502–512.
Hermawan, Brahmanto, & Hamzah. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. https://doi.org/10.31219/osf.io/ehwuk
Iqbal, M. (2020). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Bintang Lima Kota Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro), 1(2), 145–162.
Komarudin, M. N. (2019). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank (Studi Kasus pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Indonesian Journal of Strategic Management, 2(1). https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i1.1858
Kristiutami, Y. P., & Rahayu, V. J. (2020). Peranan Pramusaji Dalam Meningkatkan Pelayanan Demi Kepuasan Tamu di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel & Towers Jurnal Kajian Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(2), 63–71.
Lasmaya, S. M., & Fitriani, N. N. (2017). Pengaruh Self Assesment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Computech & Bisnis, 11(2), 69–78.
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359
Nugroho, R. D., Wiyono, M. W., & Taufiq, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan 2018). Jurnal Riset Akuntansi, 1(4), 118–131.
Razab, N. R., & Purwanto, A. (2019). Sistem Akuntansi dan HRD pada Hotel Mutiara Sampit Berbasis Web (Studi Kasus pada Hotel Mutiara Sampit). Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 10(2), 1–5. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/141
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.
Setyawati, E. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada M – One Hotel & Entertainment. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen, 53(9), 1–30.
Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Pembelian Produk Iphone ( Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi ). Cakrawala, 3(1), 1–10.
Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.
Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(5), 3–4.
Sutarni, S., Irawati, L., Unteawati, B., & Yolandika, C. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Bandar Lampung. Journal of Food System & Agribusiness, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.25181/jofsa.v2i1.1107
Yuliana, W., Komalasari, Y., Haryuda, K., & Rohaeni, H. (2020). Analisis Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di PT Arista Group Bandung | Jurnal Sain Manajemen. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 12–19. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/304