PENGGUNAAN LABEL HALAL DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sahidillah Nurdin
Pika Nilam Cahya Setiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan label halal dan harga dalam meningkatkan keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Populasi yang digunakan pada  penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan kosmetik dengan merek wardah yang berjumlah 97 responden. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, dimana pemilihan anggota populasi menggunakan purposive sampling, Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan alat olah data statistic SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan label halal pada kemasarn serta harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan arah positif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurdin, S., & Setiani, P. N. C. (2021). PENGGUNAAN LABEL HALAL DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG) . Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 111-122. https://doi.org/10.51977/jsm.v3i2.573

References

Alfian, I., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 122–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i1.777
Anggraeni, Z. (2017). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
Bulan, T. P. L., Fazrin, K., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 729–739. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.679
Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh harga dan free wi-fi terhadap keputusan pembelian produk pada angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 17(2), 62–74. https://doi.org/10.20885/jabis.vol17.iss2.art4
Hayet. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia). Islamiceconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 21–38.
Heryubani, N. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Merek Wardah Di Kota Yogyakarta [UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”]. http://eprints.upnyk.ac.id/15582/4/Skripsi.pdf
Maisyarah, I. (2020). Pengaruh labelisasi-halal, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian mie instant indomie. Service Industries Journal, 12(1), 267–273.
Monica, W. J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merek ES Krim AICE. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2014), 1–15.
Murwatiningsih, & Apriliani, E. P. (2013). Apakah kepercayaan konsumen lebih efektif daripada risiko dan harga? Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 184–191.
Nistania, F. E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kelompok Acuan, Citra Merek dan LAbel Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Celebrity Endorser Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah IAIN Tulungagung. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG.
Ramadhani, F. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah ( Studi Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar ). UIN ALAUDDIN MAKASSAR.
Sahir, S. H., Ramadhan, A., & Tarigan, E. D. S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(031), 130. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400
Sari, D. M. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Sari, F. M., Makhrian, A., & Buldani, K. (2019). PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 5(1). https://doi.org/10.37676/professional.v5i1.709
Septiani, R. D. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Imege, dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Tulungagung [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11393
Setianingsih, W. E. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan citr merek terhadap keputusan pembelian konsumen. In Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers (pp. 252–261).
Umayah, N. I. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Milagros Di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/4855/1/SKRIPSI UPLOAD.pdf
Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.