MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BRAND LOKAL DI BANDUNG MELALUI SOSIAL MEDIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ani Solihat
Fransiska Kopong
Djunarto Djunarto
Andry Trijumansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial marketing dan perceived value terhadap keputusan pembelian sepatu brand local di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada konsumen sepatu brand local di Bandung dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis statistic data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan IMB SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial marketing, perceived value pada sepatu brand local di Bandung sudah baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial marketing secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu brand local di Bandung. Terdapat pengaruh yang signifikan antara perceived value secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu brand local di Bandung. Terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial marketing, perceived value  secara simultan terhadap keputusan pembelian sepatu brand local di bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Solihat, A., Kopong, F., Djunarto, D., & Trijumansyah, A. (2023). MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BRAND LOKAL DI BANDUNG MELALUI SOSIAL MEDIA. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 76-82. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i2.1287

References

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). The Role of Social Media Marketing and Word of Mouth in Building Brand Awareness At Brownies Vannisa. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 237–243.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.
Fidela, G. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nadhira Napoleon Pekanbaru (survei Pada Konsumen Toko Oleh Oleh Nadhira Napoleon Outlet Pusat Jendral Sudirman). Universitas Islam Riau.
Florenta, D., & Se, B. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Bagi Keputusan Pelanggan. 2(1), 87–93.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Komala, C. C., Norisanti, N., & M. Ramdan, A. (2019). Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2),58–64. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2.62
Maqbullah, A. M. (2021). Pengaruh Customer Perceived Value Dan Trust Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59611
Nur Fahmi, S., Dwi Mulyaningsih, H., & Malik Akbar Rohandi, M. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Secara Online yang Dimoderasi Oleh Website Quality. Bandung Conference Series: Businessand Management, 2(1),792–796. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.2443
Nyoman, B., Putra, K., & Vipraprastha, T. (2022). Personal Branding, Social Media Marketing, Dan Word of Mouth Dalam Meningkatkan Buying Decision Pada Konsumen E-Commerce Shopee. Modus, 34(1), 75–84.
Putri, R. A. (2022). Dampak Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Ketentuan Pembelian Di Mediasi Perceived Value Pada Konsumen Coffee Shop Di Medan.2, 1–15.
Sri Nurhasanah, P. S., Ekonomi, F., & Batanghari, U. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Studi Kasus Siswa SMK Yadika Jambi).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. ALABETA.
Wibowo, D. U., Yulianto, E., & Sunarti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 130–137. htps://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/2605
Widjajanta, B., Rahayu, A., & Salsabila, A. (2020). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Reputation terhadap Repurchase Intention pada Reviewers Sepatu Bata Aplikasi Shopee. JurnalPendidikanManajemenBisnis, 20(1), 48–59.