PENGARUH TINGKAT KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Kota Bandung) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen Aplikasi Dana di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan tipe penelitian deskriptif dan verifikatif. Objek dalam penelitian ini adalah pengguna Aplikasi Dana di Kota Bandung dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan metode sample sampling purposive. Analisis statistik data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS statistic 26. Hasil penelitian menunjukan secara parsial variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Secara simultan variabel keamanan dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Aplikasi Dana di Kota Bandung.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aspiani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar.
Astuti, W. D., Saputra, M. H., & Rahmawati, F. (2023a). PENGARUH E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DIMEDIASI OLEH E-SATISFACTION (Studi pada Pengguna Dompet Digital DANA). Jurnal Volatilitas, Volume 5 NO 1.
Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI DANA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI STIE NASIONAL BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 16(No. 1).
Himawati, D., Fitriati Firdaus, minatus, & Himawati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Mu, D. (2021). Pengaruh Word Of Mouth dan Manfaat Terhadap Keputusan Menggunakan E-Wallet Dana Melalui Kepercayaan Pelanggan di Jabodetabek.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2773
Intika, P. D. (2020). TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: KEAMANAN INFORMASI DALAMPEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Sistem Informasi Manajemen. https://www.researchgate.net/publication/345133153_TUGAS_SISTEM_INFORMASI_MANAJEMEN_KEAMANAN_INFORMASI_DALAM_PEMANFAATAN_TEKNOLOGI_INFORMASI
Masiaga, N. R., & Worang, F. G. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF SECURITY AND TRUST ON CUSTOMER SATISFACTION IN MANADO CITY WHO SHOPS ONLINE AT LAZADA.COM. Mandagie 900 Jurnal EMBA, 10(2), 900–910.
Putri, M. Z., Sutarso, Y., & Hiqmah, F. (2021). Pengaruh risiko keamanan, keuangan dan sosial terhadap kepercayaan pada layanan mobile payment aplikasi dana. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2667
Riadi, M. (2021, January 8). Kepercayaan Konsumen (Pengertian, Aspek, Jenis, Indikator dan Strategi). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepercayaan-konsumen-pengertian-aspek.html
Roisah, R., Ansiya Ahha, Z., & Angliawati, R. Y. (2022). UPAYA MENINGKATKAN E-SATISFACTION MELALUI E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY PADA PENGGUNA SHOPEE KOTA BANDUNG. In Jurnal Sains Manajemen (Vol. 4, Issue 2). https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Rozi, A. S. (2022). PENGARUH KEAMANAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-WALLET DANA.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Cv. Andi .
Sari, I. Y., Muttaqin, Jamaludin, Janner Simarmata, M Arif Rahman, Akbar Iskandar, Andrew Fernando Pakpahan, Abdul Karim, Sugianto, Yo Ceng Giap, Hazriani, Devi Yendrianof, & Sardjana Orba Manullang. (2020). Keamanan Data dan Informasi (R. Watrianthos, Ed.; Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis. http://repo.handayani.ac.id/147/1/1.1%20FullBook%20Keamanan%20Data%20dan%20Informasi.pdf
Septia Pratiwi, D., & Kadek Dwi Nuryana, I. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. JEISBI, 02.
Setiawan, A., Maria, B., Endriyati, F. E., Wijanarko, M. F., & Marliya, S. (2022). Model Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4).
Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 52 No. 1.
Suryani, S., & Koranti, K. (2022). KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI SIKAP PENGGUNA E-COMMERCE. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183–198. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5189
Weles, O. R., Fadillah, A., & Jaya, P. (2021). Pengaruh Periklanan Media Elektronik dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Dalam Transaksi Berulang Menggunakan Dompet Digital Dana. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(2). https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.1365
Yesidora, A. (2022, March 21). Profil Dana, Dompet Digital Bagian Grup Emtek dan Sinarmas. Katadata.