KONTRIBUSI KESESUAIAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Antonio Ilyus
Narita Risdianovi

Abstract

Industri kuliner di kota Bandung masih tetap bisa memberikan peluang bagi para pelaku usaha di bidang kuliner, karena terkenal dengan wisata kulinernya dengan beragam jenis mulai dari restoran, rumah makan, cafe, coffe shop, bar hingga jasa boga, sehingga kuliner sangat tepat untuk dijadikan peluang bisnis untuk memperoleh laba usaha yang besar. Dan semakin ketatnya persaingan, setiap coffee shop terutama di kota Bandung menyediakan menu kopi susu dalam bentuk kemasan botol atau cup dengan istilah RTD (Ready To Drink). Dan kopi susu juga merupakan salahsatu item best seller yang dapat diterima oleh hampir semua jenis kategori konsumen coffee shop saat ini di Indonesia. Harga adalah salah satu alatukur yang bersifat dinamis dalam suatu transaksi yang menjadi patokan yang dipertimbangkan konsumen untuk mengukur kemampuan, manfaat, kelayakan dan kesesuaian antara harga dengan produk yang ditawarkan oleh penjual. Dan kepuasan pelanggan dapat diartikan sebagai adanya kesamaan antara kinerja produk dan pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner yang disebar secara online dan terangkum sejumlah 42 sampel dengan pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM-PLS) dengan aplikasi smartPLS 3.0 hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesesuaian harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk kopi susu kemasan “Coffee On The Way” dari Twofourty Coffee Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilyus, A., & Risdianovi, N. (2024). KONTRIBUSI KESESUAIAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Sains Manajemen, 6(2), 106-118. https://doi.org/10.51977/jsm.v6i2.1701

References

Kotler, P and Keller, K.L. (2016) Manajemen Pemasaran, 2016 Edisi 13 Jilid 2, Penerbit Erlangga.
Stanton, W.J. dan Lamarto, Y. (1992) Prinsip Pemasaran, Edisi 7 Jilid ke : 1
Lupiyoadi, R. (2014) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3 Penerbit Salemba Empat.
Bollen, K.A. dan Long, J.S. (1993). Testing Structural Equation Models. California: Sage Publications, Inc.
Sudaryono, (2016) Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Penerbit Andi
Setyaningrum, A., Udaya, J., Effendi, (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Jasa, Green Marketing, Enterpreneural, Marketing dan E-Marketing. Penerbit Andi.
Tjiptono, F.dan Diana, A. (2019) Kepuasan Pelanggan : Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Penerbit Andi.
Fandy Tjiptono, Ph.D, (2019) Teori & Implementasi Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. Edisi Terbaru. Penerbit Andi.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish
Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama
Siyoto, S. dan Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publlishing
Abdillah, W. dan Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sumber Jurnal
Umami, R., Rizal, A.A., dan Sumartik, (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi Universitas Muhammadiyah
Sidoarjo Volume 15, Nomor 2, Oktober 2019. Hal. 250-257
Ucu Suhendar and Endang Riswanti (2019) “Effect Of Product Quality, Perception Of Price And Satisfaction To Customer Loyalty (Study On Agroindustrial Company In Indonesia” International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom ISSN 2348 0386 Vol. VII, Issue 3, March 2019 Licensed under Creative Common Page 23 http://ijecm.co.uk/ (2019)
Bestoon Abdulmaged Othmana*, Amran Harunb, Wirya Najm Rashidc, Safdar Nazeerd,e, Abdul Wahid Mohd Kassimf and Kadhim Ghaffar Kadhimg, “The influences of service marketing mix on customer loyalty towards Umrah travel agents: Evidencefrom Malaysia.” Department of Business Administration, Koya Technical Institute, Erbil Polytechnic University,and Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia 2019
Irfan Rasyid Anwari (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KANGEN WATER (Studi Pada CV Kangen Tirta Jaya Abadi Di Bandar Lampung) Koleksi Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas LAMPUNG BANDAR LAMPUNG

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'