KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI HARGA DAN DIFERENSIASI PRODUK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
PT Surya Multi Cemerlang merupakan perusahaan produsen dan distributor produk keramik diKota Bandung. Kepuasan Pelanggan merupakan perasaan senang atau sedih yang dirasakan setelah ekspektasi pada suatu barang ataupun layanan yang memenuhi atau tidak memenuhi ekspektasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga dan Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Keramik PT Surya Multi Cemerlang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 95 responden dengan teknik non probability sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 25 dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Harga tidak memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan Diferensiasi Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan Harga dan Diferensiasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Kata kunci: Harga, Diferensiasi Produk, Kepuasan Pelanggan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Baharmal, T., Srikandi, D., & Abdillah, K. Y. (2019). PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Pelanggan 3&DNHHLQQ-DU´´&DIH Bunchbead Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 17(2), 1–8. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Komalasari, Y., Haryuda, K., Rohaeni, H., & Yuliana, W. (2020). Analisis Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di PT Arista Group Bandung | Jurnal Sain Manajemen. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 12–19. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/304
Komalasari, Y., Novianty, N., & Wulanyuliyana. (2021). STRATEGI DIFERENSIASI DAN HARGA SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN KLINIK AURAKU BANDUNG Differentiation and Pricing Strategies as A Tool To Increase Consumer Loyalty at Auraku Clinic Bandung. Business Management Journal, 17(2), 181–192. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v17i2.2459
Purwati, A. A., Kristanto, K., & Suhermin. (2019). The Effect of Brand Image, Product Differentiation, and Relationship Marketing Strategy on Purchasing Decision of Toyota Brand Cars in Pekanbaru (Case Study on Toyota Agung Harapan Raya). Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 210–221.
Setiawan, F., Dewi, S. W. K., & Musafa. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Di Kota Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.695
Situmeang, F. N. S. dan E. Y. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 1(1), 68–79.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widjaja, Y. R., & Araufi, A. (2020). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Putra Wangi Sumedang Tour and Travel. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 65–71. dajkhdfakjdfaskjdf
Yuvira, I. A., Siregar, M. Y., & Sabrina, H. (2021). Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu di Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.485