Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

H Helmy Muhammad S
Heni Rohaeni
Wulan Yuliyana

Abstract

ABSTRAK


Saat ini, persaingan ketat dalam merebut pelanggan Operator Seluler. Hal ini mengharuskan para operator meningkatkan kualitas, baik dari sisi jaringan, kecepatan, hingga tarif yang paling sesuai. Telkomsel merupakan salah satu Market Leader didunia Operator Seluler oleh karena itu penulis melakukan penelitian pada para pengguna Telkomsel.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu untuk mengetahui variabel mana diantara Variabel Harga dan Variabel Kualitas Produk yang paling mempengaruhi pelanggan telkomsel tetap menggunakan telkomsel sehingga dapat dinyatakan sebagai pelanggan yang Memiliki Loyalitas. Penelitian ini dilakukan di kota Cimahi dengan data  pelanggan telkomsel cukup banyak walaupun dengan Jumlah wilayah kecamatan yang sedikit dan luas wilayah tidak besar, Metode penelitian Kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penyebaran Kuisioner bagikan kepada para pelanggan telkomsel. Dalam penelitian ini Penggunaan SPSS sebagai media untuk  mengolah data. Untuk hasil penelitian menunjukan pengaruh harga dan kualitas produk positif. Namun sesuai hasil hitung menggunakan SPSS bahwa faktor kualitas produk paling mempengaruhi pelanggan tetap loyal menggunakan telkomsel.


Kata Kunci: Harga, Kualitas produk, loyalitas pelanggan


 


Abstract


At present, competition is fierce in capturing Cellular Operator customers. This requires operators to improve quality, both in terms of network, speed, to the most appropriate tariff. Telkomsel is one of the Market Leaders in the world of Cellular Operators, therefore the author conducts research on Telkomsel users. The purpose of this study is to determine the effect of price and product quality on customer loyalty. In addition, to find out which variable between the Price Variable and the Product Quality Variable that most influences Telkomsel customers, it still uses Telkomsel so that it can be stated as a customer who has Loyalty. This research was conducted in the city of Cimahi with quite a lot of Telkomsel customer data even though the number of sub-districts is small and the area is not large, the quantitative research method used in this study. Distribution of Questionnaires distributed to Telkomsel customers. In this study the use of SPSS as a medium for data processing. For the results of the study showed the positive influence of price and product quality. But according to the results of calculations using SPSS that the product quality factor most influences customers remain loyal using Telkomsel.Keywords: Price, product quality, customer loyalty

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad S, H. H., Rohaeni, H., & Yuliyana, W. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel . Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 37-44. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i1.187

References

Indotelko. (2019). Melihat Cimahi berbenah menuju kota digital. Retrieved from indetelko.com website: https://www.indotelko.com/liputan-khusus/drive-test/read/1554163578/cimahi-berbenah

Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 2. No. 1 Juni 2016. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2017). Siapa Operator Seluler yang Mempunyai Pelanggan Terbanyak? Retrieved from Katadata.Co.Id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/03/siapa-operator-seluler-yang-mempunyai-pelanggan-terbanyak

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2), 61–74.

Rahcmawati, A. R. (2019). Jumlah Pengguna Internet Jabar Terbesar di Indonesia. Retrieved from Pikiran Rakyat.com website: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2019/10/04/jumlah-pengguna-internet-jabar-terbesar-di-indonesia

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31311/JECO.V2I2.4503

Shartykarini, S., & Firdaus, R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39–52.

Teknologi. (2019). Sumber Skripsi.

Untari, P. H. (2019). APJII: Pulau Jawa Sumbang Kontribusi Paling Besar Pengguna Internet di Indonesia. Retrieved from techno.okezone.com website: https://techno.okezone.com/read/2019/05/21/207/2058456/apjii-pulau-jawa-sumbang-kontribusi-paling-besar-pengguna-internet-di-indonesia

Wulan Yuliyana, Bandung, Universitas B S I. (2016). Sniptek 2016 Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen : Industri Jasa Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. SNIPTEK, 15–18.