Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal di Wilayah Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.51977/jsm.v2i2.318Keywords:
Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Keputusan PembelianAbstract
Alas kaki sekarang ini sudah menjadi fashion item yang banyak dicari konsumen khususnya para wanita. Pada umumnya sebagian besar wanita memiliki alas kaki lebih dari dua pasang, hal ini dapat menjadi peluang bagi produsen yang bergerak di industri tersebut untuk meraih keuntungan yang besar. Pada periode lebaran tahun 2019 PT Multi Garmen Jaya mengalami penurunan penjualan untuk produk sandal wanita sebanyak tiga persen jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun 2018. Hal tersebut perlu segera diatasi agar penjualan dapat kembali meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh desain produk, kualitas produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif verifikatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa desain produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung, harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung. Secara simultan desain produk, kualitas produk dan harga kompetitif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung.
Kata kunci: Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
Footwear is now a fashion item that is sought after by consumers, especially women. In general, most women have more than two pairs of footwear, this could be an opportunity for producers engaged in the industry to achieve large profits. In 2019 Lebaran period, PT Multi Garmen Jaya experienced a decline in sales of womens’s sandals product by three percent compared to 2018 Lebaran period. This needs to be addressed immediately so that sales can increase. The purpose of this research was to test the effect of product design, product quality and competitive prices on purchasing decisions on Cardinal women's sandals in the city of Bandung. Data analysis techniques using descriptive verification method. The results of the research indicate that product design has a significant influence on purchasing decisions for Cardinal brand women's sandals in the city of Bandung, product quality has a significant effect on purchasing decisions for Cardinal brand women's sandals in the city of Bandung, competitive prices have a significant effect on purchasing decisions for women sandals Cardinal brand in the city area of ??Bandung. Simultaneously, product design, product quality and competitive prices together have a significant effect on purchasing decisions for Cardinal women's sandals in the city of Bandung.
References
Daryanto, dan Setya Budi. (2014). Kondumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta.
Rageh, et al. (2013). Using Netnography Research Method to Reveal The Underlying Dimensions of The Customer/Tourist Experience. Malaysia: Emarald Insight.
Rudika, Harminingtyas. (2014). Analisis Pengaruh Variabel Overall Customer Satisfaction Terhadap loyalitas konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merk AQUA Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang Vol. 6. No. 2 (ISSN : 2252 – 7826)
Senjaya, Vivie. (2013). Pengaruh Experience Quality terhadap Customer Satisfaction & Loyalty di Kafe Excelso Tujuan Plaza Surabaya : Perspektif B2C. Surabaya: Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method), cetakan ke-5. Bandung: Alfabeta.
Zeithaml, and Bitner. (2013). Service Marketing. Mc Graw Hill Education.
Zeithaml, Valarie A, and Mary Jo Bitner. (2013). Service marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm. Sixth Edition. New York: Mc Gram – Hill.