PENGARUH KUALITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KUSWINI CATERING BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Faizal Hamzah
Fadli Ariesta

Abstract

Pariwisata tentunya tidak terlepas dari sektor makanan dan minuman, katering merupakan salah satu industri yang berkecimpung dalam bidang makanan dan minuman, salah satu usaha katering yang terletak di Bandung adalah Kuswini catering. Tentunya catering selalu berkaitan dengan konsumen, dimana kepuasaan konsumen menjadi salah satu hal yang penting bagi kelangsungan katering, kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya ialah kualitas produk dan inovasi produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung. Dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif verifikatif. Data didapat dari sampel penelitian konsumen Kuswini catering Bandung. Data didapat dari kuisioner yang telah disebar kepada 110 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung, (2) inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung, dan (3) kualitas produk dan inovasi produk secara Bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Kuswini catering Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hamzah, F., & Ariesta, F. (2022). PENGARUH KUALITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KUSWINI CATERING BANDUNG. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 26-35. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.694

References

Aditi, B. (2018). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Umkm Di Kota Medan. JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31227/osf.io/ahxju
Amrullah, Siburian, P. S., & ZA, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.
Andhini, A. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce. 6.
Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.
Dewi, S. T. (2016). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Ekonomi Dan Bisnis, 80. https://core.ac.uk/download/pdf/11715776.pdf
Ernawati, D. (2019). Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk. 7, 17–32.
Fadhilah, Y., Yacob, S., & aurora lubis, T. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. 10(01), 1–15.
Gunawan, A., Barleany, D. R., Wiryadinata, R., & Pertiwi, I. B. (2018). Analisis Inovasi dan Kualitas Produk Baru Opak Biji Karet Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Serang. 1, 6–10.
Hamzah, F., Setiyariski, R., & Ghani, Y. A. (2020). Analisis Kepuasan Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Berbintang Kota Bandung. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.551
Hanjaya, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian produk capra latte. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 181–190.
Hayati, Y. H., & Sekartaji, G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 1(1), 49–56. https://doi.org/10.34203/jimfe.v1i1.455
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan.
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16
Masharyono, & Hasanah, C. U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Celdi Katering (Survei Pada Konsumen Celdi Katering). Tourism Scientific Journal, 1(2), 152. https://doi.org/10.32659/tsj.v1i2.10
Moha, S., Loindong, S., & Sam, R. (2016). The Analysis Of Service Quality On Customer Satisfaction And Facilities. 4(1), 575–584.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Nur, Y. (2016). Representasi kekuasaan dalam wacana politik (kajian etnografi komunikasi). 289–300.
Putri, T., & Bulan, L. (2017). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa. 6(1), 679–687.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD.
Sukmaratri, M., & Damayanti, M. (2016). Diversifikasi Produk Wisata Sebagai Strategi Pengembangan Daya Saing Wisata Kota Batu. 12(September), 325–335.
Widyastuti, L., & Husnayetti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL MANAJEMEN - VOL. 13 (1) 2021, 90-96, 19(2), 90–96. https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.106-111
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. 3(1), 11–18.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & penelitian gabungan.