Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Media Cetak Harian Umum Galamedia Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sukatno Krisbianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Media Cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verikatif. Penelitian ini dilakukan pada pelangga produk Koran Harian Umum Galamedia Bandung dengan jumlah sampel yang berjumlah 250 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah análisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup, motivasi, persepsi konsumen, keputusan pembelian, loyalitas pelanggan media cetak Harian Umum Galamedia Bandung sudah baik. Gaya hidup, motivasi dan persepsi konsumen berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian media cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan baik terhadap Loyalitas Pelanggan media cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Hal ini penting bagi perusahaan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu media cetak Harian Umum Galamedia Bandung harus menjaga dan meningkatkan kualitas gaya hidup, motivasi dan persepsi konsumen. Dengan demikian Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan menjadi terus meningkat.   

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Krisbianto, S. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Media Cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 64-73. https://doi.org/10.51977/jsm.v1i1.85

References

Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Buchari Alma. 2008 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Cooper, D.R. and Emory, C.W., 1995, “Metode Penelitian Bisnis”, Jilid 1, edisi kelima, Penerbit Erlangga.
Dewi Urip Wahyuni.2008.,.Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda”di Kawasan Surabaya Barat . Jurnal : Universitas Dipenogoro.

Freddy Rangkuti. 2004. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Tjiptono, fandy, 2005. Pemasaran jasa, edisi Pertama, Cetakan pertama, januari 2005 , Bayumedia Publishing
George R. Terry, 2003, Prinsip-prinsip Manajemen, PT. Bumi Aksara

Herry Ahmad Buchory dan H. Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Hermawan Kertajaya. 2007. Boosting Loyalitas Marketing Performance. PT. Mizan Pustaka

Imam Ghozali. 2002., Aplikasi Analisis Multivariate Prograp SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jurnal IPB Bogor (2017). Scientific Ripiositery, Rizal Setyawan (2010),. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Dinar sebagai Investasi Pilihan (Studi Kasus Gerai Dinar Depok).

Kotler, Philip. & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga

Maslow, A. (1943). A theory of human motivation, Psychological Review, vol. 50, 1943, 370-96. Prentice Hall (Upper Saddle River, N.J.)

Mc. Kenna. R. 1991. Relationship Marketing; Successful Strategis for the Age of the Customer. New York u.a 1991
Moh. Nazir. 2003. Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Rasyid Ridho. 2007. Metodologi Penelitian, Bahan Kuliah Program Magister Manajemen Universitas Bina Darma Palembang.

Rico Saputra (2013), Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurusan Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, 1-12.

Jurnal IPB Bogor (2017). Scientific Ripiositery, Rizal Setyawan (2010),. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Dinar sebagai Investasi Pilihan (Studi Kasus Gerai Dinar Depok).
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen – Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sutisna. 2012, "Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran", PT Remaja Rosdakarya, Bandung.