PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN PADA HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT MELALUI DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tsya Erika
Ani Solihat
Andry Trijumansyah
Djunarto
Kurnia Budhy Scorita

Abstract

Era  globalisasi ini hampir merubah bentuk penyajian media informasi, informasi pada masa kini disajikan tidak hanya dalam bentuk tercetak namun disajikan  juga dalam berbagai media atau bentuk elektronik yang dapat di akses melalui jaringan internet. Sampai saat ini zaman konvensional telah berubah menjadi digital yang mengakibatkan loyalitas pelanggan pada media cetak menurun dan persaingan dalam internet meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Digital Marketing dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan  pada Harian Umum Pikiran Rakyat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif dan Verifikatif, dengan jumlah responden 100 dan menggunakan teknik sampling insidental.  Adapun teknik pengambilan data berupa observasi,, kuesioner, studi kepustakaan dan data primer. Hasil penelitian ini secara parsial digital marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan digital marketing dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Erika, T., Solihat, A., Trijumansyah, A., Djunarto, & Scorita, K. B. (2022). PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN PADA HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT MELALUI DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK. Jurnal Sains Manajemen, 4(2), 100-112. https://doi.org/10.51977/sainsm.v4i2.679

References

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Ecodemica, 1(2), 252–261. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2277
Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). The Role of Social Media Marketing and Word of Mouth in Building Brand Awareness At Brownies Vannisa. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 237–243.
Cantona, E., & Tunjungsari, K. (2019). Brand Image Dan Product Performance Terhadap Customer Loyalty : Customer Satisfaction Sebagai Mediasi. I(2), 307–316
Chaffey, D., & Smith, P. (2013). E-Marketing Excellence : Planning and Optimizing Your Digital Marketing (4th Editio). Routledge.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Griffin, R. W., & Ronald, J. R. (2002). Management (Puspopranoto (ed.)). Erlangga.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity E-book (Global Edi). Pearson Education.
Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Bisma, 11(1), 62. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6209
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran (Edisi Baha). Prentice Hall.
Lind, M., & Wathen. (2008). Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global Buku 2 (Edisi 13). Salemba Empat.
Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika ’45, 5(1).
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2012). Pemasaran Jasa (Hartimbul (ed.)). Airlangga.
Masito, R. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Cheers ( Studi Pt . Atlantic Biruraya )Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 9(2), 1216–1222.
Putriyandari, R., Amran, A., Roisah, R., Komalasari, Y., & Yuliyana, W. (2018). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan di Lembaga Belajar SMART CLUB BANDUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Rohaeni, H., Muhammad, H. H., & Yuliyana, W. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 37–44. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.291
Ryan, D., & Jones, C. (2009). Understanding Digital Marketing : Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. Kogan Page.
Solihat, A., Tampubolon, H. F., Rahmayani, R., & Trijumansyah, A. (2019). Analisis Kepercayaan dan Kualitas Situs pada Minat Beli Produk E-Commerce Bukalapak. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.35899/biej.v1i2.55
Sufren, & Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. PT Elex Media Komputindo.
Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Andi Offset.
Wiranata, K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal Emas, 2, 133.
Yuliana, W., Komalasari, Y., Haryuda, K., & Rohaeni, H. (2020). Analisis Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di PT Arista Group Bandung. 2(2), 12–19. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/304

Most read articles by the same author(s)