PENGENALAN GRAFFITI KEPADA MASYARAKAT UMUM DI KOTA BANDUNG DENGAN MEDIA VISUAL BOOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farhan Aulia Nurpasha
Hendy Yuliansyah
Agus Triyadi

Abstract

Perkembangan graffiti di Indonesia khususnya di kota Bandung sangat berkembang pesat, terbukti banyaknya graffiti yang terdapat di kota Bandung. Namun stigma masyarakat terhadap graffiti tidak pernah lepas dari vandalisme, kurangnya edukasi dan informasi mengenai graffiti membuat stigma itu berkembang di masyarakat, maka dari itu penulis melakukan penelitian terhadap masalah ini. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan metode wawancara kepada para ahli di bidang graffiti dan juga masyarakat dengan cara memberikan kuisioner terkait masalah tersebut. Metode ini dipilih karena merupakan metode yang paling tepat untuk mencari data penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mendapatkan hasil bahwa para audiens memiliki antusias yang tinggi terhadap graffiti. Namun kurangnya informasi mengenai graffiti membuat para audiens kurang memahami tentang dasar-dasar pembuatan graffiti dan perbedaanya dengan vandalisme tersebut. Maka dari itu, penulis merancang sebuah alternatif solusi dengan membuat sebuah visual book yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para audiens. Visual book ini akan berisi tentang segala aspek mengenai dasar-dasar graffiti. Dengan adanya buku tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan dan membantu para audiens untuk dapat membuat graffiti secara indah juga membawa stigma graffiti menjadi lebih positif, serta dapat membantu untuk mengurangi potensi akan terjadinya vandalisme khususnya di Kota Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurpasha, F. A., Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2020). PENGENALAN GRAFFITI KEPADA MASYARAKAT UMUM DI KOTA BANDUNG DENGAN MEDIA VISUAL BOOK . Wacadesain, 1(2), 83-90. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i2.449

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Barry, Syamsul, Jalan Seni Jalanan Yogyakarta,Yogyakarta: Penerbit Studium, 2008
Hurlock, E.B. 1993. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga
Hartanto, Djoko. 2011. Babyboss-Graffiti Issue. Jakarta: PT Concept Media.
Ibrahim, Idi Subandi. 2011. Kritik Budaya Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Lase, Jason. 2003. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Vandalisme Siswa. Jakarta: Program Pasca Sarjana FKIP Universitas Indonesia
Manco, Tristan. 2002, Stencil Graffiti. London: Thames and Hudson.
Moleong , 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sarrahdiba, Tyara Umi Yuhanis dan Yuliansyah, Hendy. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Aksara Sunda Untuk Siswa Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Sketsa. 1(1)
Supriyono, Rahmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi.
Susanto, Mike. 2002. Diksi Rupa, Kumpulan Istilah. Yogyakarta: Kanisius
Widiastuti, Ani. 2012. Efektif Edukasi Terstruktur Berbasis Teori Perilaku Terencana Terhadap Pemberdayaan Dan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Jantung Koroner Di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta. Tesis