BENTENG GHAZWUL FIKRI MELALUI ILUSTRASI PADA INSTAGRAM HIJRANISM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shavira Wahyu Deswari
Benny Muhdaliha

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat mengakibatkan informasi mengalami globalisasi, dimana hal itu memiliki dampak positif dan juga negatif. Seperti yang terjadi pada usia 18-35 tahun yang mengalami ghazwul fikri atau perang pemikiran. Dimana generasi muda muslim dapat dengan mudah mengkonsumsi segala sesuatu yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan rentan terhadap invasi budaya dari luar. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencegah ghazwul fikri adalah dengan cara memperbanyak dan memperkuat ilmu Islam. Dakwah merupakan salah satu bentuk kegiatan komunikasi, komunikator yang baik adalah yang mampu memberikan pesan dengan mudah diterima dan pahami oleh komunikannya. Untuk mencapai dakwah yang efektif, maka diperlukan medium yang dapat dengan mudah pahami dan diterima oleh generasi muda dan juga menggunakan media yang dekat dengan keseharian mereka, seperti instagram dimana penggunanya sosial media ini terbesar di indonesia adalah kalangan generasi muda. Maka dari itu pencipta membuat akun media sosial instagram “hijranism” dan merancang konten edukasi islam yang terhubung dengan kehidupan generasi muda saat ini. Menggunakan metode pengolahan data secara kualitatif dan dipadukan dengan pendekatan visual secara ilustratif. diharapkan melalui karya ini edukasi tentang ajaran Islam dapat tercapai dan tepat sasaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Deswari, S. W., & Muhdaliha, B. (2023). BENTENG GHAZWUL FIKRI MELALUI ILUSTRASI PADA INSTAGRAM HIJRANISM. Wacadesain, 4(1), 37-45. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i1.1062

References

Aravik, Havis. 2015. Ghazwul Fikri: Pola Baru Menyerang Islam. Palembang: NoerFikri Offset, hal. 14
Ahmad Warson Munawwir, “Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia” dalam Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah (Cet. III; Jakarta: Kencana, 2012), hal. 6.
Fauzan, A. R. Kesaksian al-Qur’an tentang Ghazw al-Fikri: Studi Analisis Tafsir Fῑ Ẓilāl al-Qur’ān (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah)
Hardian, N. (2018). Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 42-52.
Kobayashi, Shigenobu, Color Image Scale. 1992. New York: Kodansha USA. New York: Kodansha USA
Muthohirin, N. (2021). Da'wa in Social Media: The Views of Ustad Hanan Attaki and Felix Siauw to The Hijrah Phenomenon. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 17(2), 249-270.
Nafiana, Ilma. 2018. Komunikasi dan Penyiaran Islam. Yogyakarta. Hal. 1.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi, hal. 10.
Permana, A. (2017). Analisis fatwa MUI tentang pluralisme, liberalism dan sekularisme agama (Bachelor's thesis, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi. 2010, hal.50.
Wibowo, Ibnu Teguh. 2013. Belajar Desain Grafis. Jakarta: PT. Suka Buku. hal. 148.