PEMBUATAN ARTBOOK GUNA MENINGKATKAN AWARENESS AKAN KEBERADAAN DISTRO DI KOTA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rafli Aditia Putra Solihin
Moh. Isa Pramana Koesoemadinata
Rendy Pandita Bastari

Abstract

Distro merupakan industri yang lahir dari komunitas pemuda-pemudi dan telah mengubah Kota Bandung dari segi ekonomi dan dari gaya hidup. Distro memiliki peran penting dalam perkembangan industri fashion anak muda, distro juga merupakan bagian dari sejarah berkembangnya subkultur di Kota Bandung. Berkat kemunculan distro banyak subkultur yang masuk melalui fashion dan hobi, akhirnya membuat distro menjadi objek wisata di Kota Bandung. Namun Industri distro ini mengalami penurunan akibat kemunculan online shop pada tahun 2015 dan pandemik covid-19 pada tahun 2020 membuat bisnis distro mengalami penurunan jumlah pengunjung. Industri distro harus dipertahankan karena perannya bagi Kota Bandung, hal ini dapat dimulai dengan mengenalkan kembali distro kepada khalayak umum.  Media seperti artbook yang dapat mengemas informasi mengenai distro dengan menampilkan ilustrasi yang menarik, membuat artbook dapat mempromosikan distro secara tidak langsung. Dengan pembuatan artbook tentang distro, dibantu menggunakan metode pengumpulan data seperti metode wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis matriks untuk mendapatkan kesimpulan. Data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner juga akan digunakan untuk dijadikan pertimbangan selama proses perancangan. Diharapkan artbook ilustrasi ini dapat membantu meningkatkan awareness dan mengenalkan kembali akan keberadaan distro di Kota Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Solihin, M. R. A. P., Koesoemadinata, M. I. P., & Bastari, R. P. (2022). PEMBUATAN ARTBOOK GUNA MENINGKATKAN AWARENESS AKAN KEBERADAAN DISTRO DI KOTA BANDUNG. Wacadesain, 3(1), 10-17. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v3i1.644

References

Ambrose & Harris (2005). Basics Design Layout. Lausanne: AVA Book Production.
Ambrose & Harris (2006). Fundamentals of Typography. Lausanne: AVA Book Production.
BestOfFont, Best Sans Serifs on Google’s Fonts. Diakses pada https://bestoffont.com/id/best-google-fonts (26 July 2021).
Dwiputri, Asri, dan Swasty, Wirania, (2019), Color Coding and Thematic Environmental Graphic Design in Hermina Children’s Hospital, Visual Art & Design, 11(1), 35-44.
Fontke, DF極太明朝体. Diakses pada https://eng.m.fontke.com/family/46419/ (26 July 2021).
Lacasacomics, Sejarah dan Perkembangan Distro di Indonesia. Diakses pada https://www.lacasacomics.com/2014/02/sejarah-dan-perkembangan-distro-di-kota-bandung.html, (02 Februari 2020).
Rohidi, Tjeptjep Rohendi (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Citra Prima Nusantara.
Salam, Sofyan (2017). Seni Ilustrasi: Esensi. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Soewardikoen, Didit Widiatmoko (2013. Metodologi Penelitian Visual. Bandung: Dinamika Komunika.
Sujarweni, Wiratna (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Pandita, Rendy, Resmadi, Idhar, dan Lukito, Wahyu, (2021), NILAI-NILAI SUBKULTUR DALAM MEREK MATERNAL DISASTER, Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 134-145.
Purnomo, Agus Dody, dan Masdiono, Toni, (2020), Buku Seni (Artist’s Book) Sebagai Media Diplomasi Budaya Indonesia-Jerman, MUDRA Jurnal Seni Budaya, 35(1), 1-6.
Tschichold, Jan (1991). The Form of the Book: Essays on the Morality of Good Design. London: Lump Humphries.
Widagdo (1993). Desain dan Kebudayaan. Bandung: Penerbit ITB
Yoga, Apa Kabar Bisnis Distro Parahyangan di Era Disrupsi. Diakses pada https://indiemarket.news/apakabar-bisnis-distro-parahyangan-di-era-disrupsi/, (29 April 2020).