ANALISIS GREEN ADVERTISING PADA DESAIN VISUAL PRODUK BAYI TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maya Putri Utami
Peter Ardhianto
Tabita Nani Aryani

Abstract

Desain visual memegang peranan yang sangat penting dalam industri produk bayi. Visual pada produk dirancang untuk menyampaikan pesan kepada orang tua yang memiliki bayi atau anak balita, terkait product benefit, spesifikasi kualitas produk maupun citra dari produk dan perusahaan. Dewasa ini di tengah situasi setelah pandemi terdapat kecenderungan di kalangan orang tua bayi dari kelompok ekonomi atas untuk memilih produk-produk dengan desain yang menggunakan warna-warna bersaturasi rendah atau muted colors dengan konsep green advertising. Hal ini diduga berkaitan dengan makna alami yang disampaikan warna-warna tersebut, dibandingkan dengan warna-warna cerah atau bersaturasi tinggi. Lebih lanjut kecenderungan ini juga terkait dengan nilai-nilai target audience yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan keberpihakan kepada produk-produk ramah lingkungan. Penelitian ini akan menggunakan sample design dari produk pakaian anak Boho Panna, sebagai salah satu brand yang mengedepankan kesan natural dan ekologis pada produk maupun kemasannya. Pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Analisa tinjauan desain kemasan dilakukan untuk memetakan gambaran visual concept terkait makna pada orangtua berusia muda di kota-kota besar di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan konsep visual yang tepat berbasis green advertising pada visual produk yang berimplikasi pada metode penciptaan desain, peningkatan daya jual pada industri dan memperkaya referensi dan rekomendasi pada teori kajian desain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, M. P., Ardhianto, P., & Aryani, T. N. (2024). ANALISIS GREEN ADVERTISING PADA DESAIN VISUAL PRODUK BAYI TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA . Wacadesain, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v5i1.1409

References

Ardhianto, P., Hsieh, W. H., Mahanaim, S. A., & Chen, C. H. (2021, February). Cross-Cultural Concepts in Cultural Product Design. In 3rd International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2020) (pp. 146-149). Atlantis Press.
Chan, E., & Zhang, L. S. (2022). Is this food healthy? The impact of lay beliefs and contextual cues on food healthiness perception and consumption. Current Opinion in Psychology, 46, 101348.
Chen, Y. (2016). Consumer behavior and culture: a literature review. International Journal of Business and Social Science, 7(8), 15-21.
Choi, Y., & Lee, J. (2019). The effect of vintage design on green product perception. Sustainability, 11(2), 459.
Collin, C. (2011). Psychology Book, The: Big Idea Simply Explained. London: Dorling
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Michigan: Bantam Books Grafis Dan Gambar Pada Kemasan Produk Dengan Pendekatan Multidimensional
Hossain, M., & Islam, K. M. (2015). Ideation through online open innovation platform: Dell IdeaStorm. Journal of the Knowledge Economy, 6(3), 611-624.
Jung, S., Yoon, Y., & Park, J. (2019). Green advertising on packaging and its effects on consumer responses. Journal of Cleaner Production, 233, 1176-1185.
Kang, J., & Paul, J. (2017). Green visual appeal: Effects of package design on purchase intentions in the personal care sector. Journal of Business Research, 80, 82-89. Kindersley
Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak Dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57-64.
Mead, J.A & Richerson, R. (2018). Package Color Saturation and Food Healthfulness Perception. Journal of Business Research, Vol 82, Page 10 – 18, January 2018.
Rahman, Adi Fida. (2023).Peluang Besar Pasarkan Pakaian Ibu dan Anak Secara Online Saat Lebaran. detikInet. Diakses tanggal 9 Mei 2023. https://inet.detik.com/business/d-6656463/peluang-besar-pasarkan-pakaian-ibu-dan-anak-secara-online-saat-lebaran
Rizaty, Monavia Ayu. (2019). Industri tekstil kembali melesat 13,74% pada kuartal II/2022. data indonesia.id. Diakses tanggal 9 mei 2023. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/industri-tekstil-kembali-melesat-1374-pada-kuartal-ii2022 Scaling. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Tahun 6, No. 1
Sekarlaranti, A., & Junaedi, S. (2013). Persepsi konsumen terhadap warna, tipografi, bentuk grafis dan gambar pada kemasan produk dengan pendekatan multidimensional scaling. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6(1), 4.
Siswanto, D. E. (2012). Pengaruh persepsi konsumen pada strategi green marketing terhadap sikap konsumen pada green product (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sutanto, S., Muljosumarto, C., & Suhartono, A. W. (2021). Analisa Pemetaan Visual Desain Kemasan Minyak Telon Tradisional dan Modern. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 9.
Ulita, N., & Setyawan, A. B. (2016). Strategi Ilustrasi Sebagai Bahasa Visual Pada Kemasan Bedak Lawas: Tinjauan Semiotika. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 1(2), 101-116.
Utami, T. R. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Brand Dengan Persepsi Harga Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Pengguna The Body Shop Di Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). Vol. 46, August 2022.
Wang, Z., Wang, Y., Zhang, L., & Li, L. (2018). The effect of natural colors on green product perception. Sustainability, 10(7), 2319.