Gerak Komunikasi Visual Gerik Desain Visual
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Berhimpitnya pengetahuan visual yang merambah ke berbagai sektor turut mempengaruhi dunia idustri, bahkan menjadi standar kemajuan dunia saat ini. Manfaat yang besar pada desain visual terhadap dunia industri kreatif, menyebabkan ilmu komunikasi sebagai induk komunikasi visual mengembangkan wawasannya, konsentrasinya, hakikatnya dalam meredefinisi pengertian komunikasi. Dalam penelitiannya, keterhubungan komunikasi visual dengan desain visual atau desain komunikasi visual diperlihatkan melalui tahapan proses kerja verbal dan non verbal. Dengan metode penelitian deskriptif analisis yang menekankan pada pendekatan fenomena, maka komunikasi visual sebagai konsep umum yang meletakkan dasar-dasar kemampuan manusia yang belum diketahui semuanya, sedangkan tren dunia yang menggerak cepat dan menuntut revolusi dalam segala hal, maka desain visual bergerak dengan mengembangkan masa depan, strategi untuk mengoptimalkan kemampuan manusia, melalui irama, komposisi, kronologis yang berguna dalam mewujudkan rencana apapun menjadi kenyataan.
Kata kunci: desain, Industri, komunikasi, kreatif, strategi, visual.
Abstract
The coincidence of visual knowledge that penetrated into various sectors also influenced the industrial world, even becoming the standard of world progress today. The great benefits of visual design for the creative industry world, causing the science of communication as the parent of visual communication to develop their insights, their concentration, their essence in redefining the notion of communication. In his research, the relationship of visual communication with visual design or visual communication design is shown through the stages of the verbal and non-verbal work processes. With descriptive analytical research methods that emphasize the phenomenon approach, visual communication as a general concept that lay the foundations of human capabilities that are not yet known to all, while world trends are moving fast and demanding revolution in all respects, then visual design moves by developing the future , strategies to optimize human capabilities, through rhythm, composition, chronology that are useful in turning any plan into reality.
Keywords: design, industry, communication, creative, strategy, visual
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Amstrong, Helen. 2010. Theory of Graphic Design. Yogyakarta: Penerbit Andi
Asep, Muhtadi S 1997. Jurnalistik – Pendekatan Teori dan Praktek. Logos Wacana Ilmu: Jakarta
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual. Jalasutra: Yogyakarta.
Burton, Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer. Jalasutra: Yogyakarta.
Frascara, Jorge. (2004). Communication Design : Prnciples, Method, and Practice. Canada: Allworth Work.
Golden, Bernard. (2013). Unlock Your Genius Creativity. Jakarta: Daras Books
Hahn E, Fred. (1977). Do It Yourself Advertising & Promotion. Jakarta : Grasindo
Iriantara, Yosal. (2011) Media Relations. Bandung: Simbiosa
Kenney, Elaine (2009). Guide to Communication. London: Rockport
Little John, Stephen. 2008. Theories of Human Communication. New York: Thompson
Masri, Andry (2010). Strategi Visual. Jalasutra: Yogyakarta
Marlon, March (1988). Creative Typography. North Light Books: Usa. .
Parsons, Talcott (1968). The Structure of Social Action. London: Cllier Macmilan Publishers.
Palmquis, Stephen. (2002) Pohon Filsafat – Teks Kuliah Pengantar Filsafat. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
R Severin J. Werner. (2001). Teori Komunikasi.Prenada Media: Jakarta
Sony Kartika, Dharsono. (2004). Seni Rupa Modern. Rekayasa Sains: Bandung
Tabrani, Primadi. (2009). Bahasa Rupa. Kelir: Yogyakarta
Suriasumatri, Jujun. (2010) Filsafat Ilmu – Sebuah Pengantar Populer. Sinar Harapan: Jakarta