ANALISIS SEMIOTIKA DAN RESEPSI VISUAL DALAM TRANSFORMASI IDENTITAS LOGO VANS OFF THE WALL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alan Andrianto
Vivi Varlina
Muhammad Alfarizi Leonard

Abstract

Logo adalah tanda grafis atau simbol yang digunakan untuk mewakili perusahaan, organisasi, atau produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika untuk mengungkap makna dari elemen-elemen visual pada logo VANS Off the Wall dalam mengkomunikasikan nilai dan citra mereknya kepada konsumen. Penelitian ini menerapkan metode analisis visual terhadap perubahan desain logo VANS dari waktu ke waktu, dengan fokus pada tipografi, warna, dan elemen-elemen lainnya. Studi menemukan bahwa logo VANS Off the Wall menjadi simbol kreativitas, kebebasan, dan semangat bagi konsumen. Implikasi desain dan branding dalam studi ini memberikan wawasan baru bagi praktisi desain komunikasi visual mengenai pentingnya peran dan dampak logo terhadap citra merek.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Andrianto, A., Varlina, V., & Leonard, M. A. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA DAN RESEPSI VISUAL DALAM TRANSFORMASI IDENTITAS LOGO VANS OFF THE WALL. Wacadesain, 5(1), 31-42. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v5i1.1579

References

Mulia Ceramics. Inspirasi Keramik Motif Warna Hitam dengan Kesan Mewah. Laman: https://muliaceramics.com/article_detail/335/10_inspirasi_keramik_motif_warna_hitam_dengan_kesan_mewah. Diakses pada: January, 19, 2024.
Adityawan, S. A. (2008, March Wednesday). Setengah Abad Helvetica. Retrieved from dgi.or.id: https://dgi.or.id/read/news/setengah-abad-helvetica.html.
Benny H. Hoed. (2011). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya, cetakan pertama, Beji Timur, Depok.
Budiman, K. (2011). Semiotika Visual Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra
Dhani, A. (2017). Asal-Usul Off The Wall dari Fans. Laman: https://tirto.id/asal-usul-off-the-wall-dari-vans-ckrr#google_vignette. Diakses pada: January, 19, 2024.
Hadi, I. P. (2009). PENELITIAN KHALAYAK DALAM PERSPEKTIF RESEPSI ANALYSIS. Scriptura, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.9744/scriptura.2.1.1-7
Hico. (2016). 10 Arti Warna dalam Psikologi Warna, Terpopuler menurut Para Ahli. Goodminds.Id.
Jayanegara, I. N. (2017). Semiotika Visual Logo RSU. Surya Husadha Denpasar. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 11-16.
Jihad, R, A. (2017). Keunikan Huruf V Pada Logo Vans. Laman: https://www.viva.co.id/arsip/882222-keunikan-huruf-v-pada-logo-vans. Diakses pada: January 19, 2024.
Kertajaya, H. 2010. Brand Operation, The Official MIM (Markplus Institute of Marketing) Academy Coursebook. Esensi Erlangga. Jakarta.
Karja, I. W. (2021). Makna Warna. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/260
Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Laman: https://www.pxfuel.com/id/desktop-wallpaper-wlxdz. Diakses pada: January, 24, 2024.
Laman: https://1000logos.net/vans-logo/. (2024). Diakses pada: January, 19, 2024.
Reza, A. (2018, Juli Thursday). Sejarah Vans: Merek Sepatu Sneakers yang Jadi Idola Kawula Muda. Retrieved from highlight.id: https://highlight.id/sejarah-profil-sepatu-sneakers-vans-merek-branded/ Diakses pada: january, 19, 2024
Littlejohn, Stephen & Foss, Karen (2012). TeoriKomunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika
Linotype. Laman: https://www.fonts.com/font/linotype/helvetica/licenses. Diakses pada: January, 19, 2024.
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158
Nurhayati (2016). MAKNA BRAND VANS BAGI KOLEKTOR VANS SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Makna Brand Vans BagiKolektor Vans di Surabaya).
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429.
Rahmawan, R., Muhammad Ridwan, I., & Adityawan, O. (2020). PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY BENGKEL H2 MOTOR DI JL. CIGANITRI NO.23 KABUPATEN BANDUNG. Wacadesain, 1(2), 63-73. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i2.447
Ramadhani, I., & Mujayana, M. (2022). Brand Equity and Strategies to Win Business Competition. Journal of Applied Management and Business, 3(1), 20-25.
Restiawan Permana, & Yusmawati. (2022). Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya Sebagai Identitas Perusahaan. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 96–103. https://doi.org/10.30738/sosio.v8i1.11807
Riduansyah, M., Suharyono, Z. Arifin. 2016. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepatu Merek Adidas di Adidas Store Mall Olympic Garden Malang. Jurnal Administrasi Bisnis 41(1).
Sachari, A. (2005). Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa. Bandung: Erlangga.
Sinaga, R., Nadeak, S. I., & Murtopo. (2016). PENGARUH TYPOGRAFI BUKU PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS IV SD NEGERI HELVETIA MEDAN. Jurnal Kreator, 03, 11–24.
Smith, K. L., Moriarty, S., Kenney, K., dan Barbatsis, G.(2004). Handbook of Visual Communication: Theory,Methods, and Media (Routledge Communication Series) 1st Edition. London: Routledge. (PU1)
Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Tinarbuko, S. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Valek, N. S. (2020). Drawing a destination logo from memory and its influence on the destination perception. Journal of Destination Marketing & Management, 16, 100436.