ANALISIS SEMIOTIKA KARAKTER DORAEMON PADA KEMASAN BOTOL AIR MINUM CLEO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Angel Purwanti
Agus Triyadi

Abstract

Dewasa ini merk air mineral kemasan yang bermunculan sehingga mau tak mau maka makin memunculkan persaingan Banyak pelaku usaha yang tidak begitu memperhatikan kemasan produknya, maka mereka akan tertinggal. Cleo sebagai salah satu merk air mineral kemasan yang berasal dari PT SARIGUNA PRIMA TIRTA TBK di pasuruan hadir memberikan inovasi baru dengan air mineral kemasan dengan bentuk botol Doraemon yang digemari anak-anak karena karakter produknya ialah karakter kartun yang tampil lebih menarik dan sesuai dengan segmentasi pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan makna dan tanda pada kemasan air botol merek Cleo yang memiliki karakter doraemon, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotic Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa kemasan yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi dengan karakter Doraemon yang didesain sesuai dengan karakternya juga ditambahkan karakter lain yang ada di cerita Doraemon seperti nobita, giant, suneo dan sizuka. Kemasan tersebut didesain dengan warna-warna ceria dan tulisan yang mudah dibaca terutama untuk anak-anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwanti, A., & Triyadi, A. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA KARAKTER DORAEMON PADA KEMASAN BOTOL AIR MINUM CLEO. Wacadesain, 3(1), 24-37. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v3i1.742

References

Andy, A., & Purwanti, A. (2021). Communication Technician: One of the Roles of Yehonala School Public Relations in Maintaining Image. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 2(2). https://doi.org/10.37535/103002220212
Avinash, P., & Mittal, K. (2019). Food packaging technology: Functions, materials and intelligent innovations. ~ 39 ~ International Journal of Home Science, 5(2).
Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2012). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 18(1).
Ellyawati, P. C. J., & Program. (2015). Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Pada Impulsive Buying. Jurnal Ekonomi Manajemen, 43.
Fauzan, F. B., & Triyadi, A. (2017). Rancangan Corporate PT. Poin Industria. Jurnal Sketsa Universitas BSI, 4(2).
Mareta, P. R. (2018). Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh Di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 9(1).
Murtono, T. (n.d.). Mengenal Semiotika Desain Komunikasi Visual.
Obersteiner, G., Cociancig, M., Luck, S., & Mayerhofer, J. (2021). Impact of optimized packaging on food waste prevention potential among consumers. Sustainability (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/su13084209
Rahmady, A., & Purwanti, A. (2020). Brand Equity PT Samsung Electronic Indonesia Di Kota Batam. Jurnal Intelektiva Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 1(12).
Shafariya, S., Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2020). Perancangan Board Game Sebagai Media Bantu Edukasi Untuk Anak Usia. Jurnal Wacadesain, 2(1).
Sihombing, A., Muzakka, M., & Fadli, Z. A. (2016). PENGGAMBARAN KARAKTER TOKOH UTAMA PADA KOMIK DORAEMON KARYA FUJIKO F FUJIO. In JURNAL JAPANESE LITERATURE (Vol. 2, Issue 2).
Sumbo Tinarbuko, . (2003). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 5(1).
Triyadi, A. (2017). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pelecehan Seksual Secara Verbal (Catcalling). Jurnal Sketsa, 4(1).
Triyadi, A. (2021). DESAIN KEMASAN BOLU SUSU LEMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROMOSI KULINER BANDUNG. Wacadesain, 2(1).
Triyadi, A., & Ruhiat. (2019). Perancangan buku cerita bergambar legenda lutung kasarung untuk menarik minat membaca. Jurnal Komunikasi & Desain Visual, 1(1).