Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone Dan McLean
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Youtube adalah situs web untuk menonton dan berbagi macam-macam video, dengan banyak pengguna di semua negara yang setia untuk mengakses situs Youtube. Youtube semakin berkembang dari segi pengguna, fasilias, fungsionalitas dan konten. Youtube tidak hanya menyediakan video untuk hiburan tapi banyak pengguna juga membuat konten edukasi untuk membantu belajar pengguna lainnya. Edukasi adalah kegiatan oleh pengguna untuk melakukan proses pembelajaran atau mengajar yang bertujuan untuk menambah, mengembangkan atau memberikan pengetahuan, keterampilan, potensi dan lain sebagainya. Dan banyak orang di dunia menggunkan Youtube sebagai media edukasi mereka. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model kesuksesan DeLone dan McLean. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas informasi (information quality), kualitas sistem (system quality), kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dari pengguna Youtube di Indonesia yang menggunakan Youtube sebagai media edukasi, dan ditentukan 100 orang sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan (service quaity) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction), dan hanya variabel kualitas sistem yang berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan pengaruh (koefisien determinasi) sebesar 70.9% dan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,842 yang dikategorikan sangat kuat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwar, D. S. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Pembelajaran E-Larning Oleh Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dengan D . M IS SUCCESS MODEL ( Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Yang Mengambil Matakuliah PBO JAVA , Pemograraman C++, Dan Sistem Basis Data Di STMIK Tasikmalaya ). 478–483.
Dalimunthe, N., & Pertiwi, L. (2018). Analisa Kesuksesan Penerapan SIKAD UIR Dengan Model Delone dan McLean. 8–9.
Fridayanthie, E. W., Azis, M. A., & Kusumaningrum, A. (2018). Rancang Bangun ( Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web Pada SMK Daarut. 6(2), 123–127.
Fuad, A., & Harisun, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Di Program Studi Informasi. 03(1).
Hermanto, N., Rahmat, N., & Riyanto, D. (2018). Penerapan Model DeLone And McLean Untuk Mengukur Kesuksesan Penerapan Presensi. 11(2), 43–53.
Lestari, R. (2016). Penggunaan Youtobe sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Artikel the Second Progressive and Fun Education Seminar, 607–612.
Madeira, C. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web (Studi Kasus : Kecamatan Natarbora Timor-Leste).
Mulyadi, D., & Syafitri, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank Bjb Syariah Cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 11(2), 33. https://doi.org/10.33062/jib.v11i2.265
Oktofiyani, R., Nurmalasari, & Anggraeni, W. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptsnce Model ( TAM ) Study Kasus Siswa / I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta. (1), 46–53.
Prasetio, R. T. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting on Manufacture Company. Jurnal Informatika, 1(2).
Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Anshori, I. F., Rismayadi, A. A., Hidayatulloh, S., & Mubarok, A. (2018). Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
Prastiwi, P. I., Astuti, D. S. P., & Harimurti, F. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverages, Sistem Pengendalian Internal, Dan Reputasi Auditor Terhadap Audit Delay Dengan Audit Tenure Sebagai Variabel Moderasi. 3–4.
Rozanda, N. E., & Wahyuningsih, R. (2017). Penerapan Knowledge Transfer Pada E-learning. 18–19.
Ulum, B., Paredede, F. P., Wijaya, C., Pd, M., & Pendidikan, M. U. S. (2019). Manjemen Pendidikan Berasrama Di STAI AS-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang. 4(1), 20–30.