ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bagus Satrio Arisoemaryo
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Perkembangan dan Kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari menjadi dambaan setian konsume atau pengguna, maka dari itu berkembanglah banyak aplikasi demi memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan sehari-hari sepeti salahsatunya Jamsostek Mobile atau disingkat JMO. Namun tidak semua aplikasi dan layanan dalam aplikasi seperti keinginan pengguna, maka dari itu perlu di adakannya penelitian terhadap aplikasi JMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi JMO dimana dalam penelitian ini penulis menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), metode ini mengukur beberapa kriteria berdasarkan konten, keakuratan, format, kemudahan pengguna dan ketepatan waktu. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Teknik yang dilakukan pada pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive probability. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan menemukan faktor apa saja yang berpengaruh dalam kepuasan pengguna.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adha, N., & Saputri, O. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode En. 2(1), 154–162.
Aida, N. R. (2021). Mengenal Apa Itu JMO (Jamsostek Mobile), Aplikasi Baru Pengganti BPJSTKU. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/14/083100565/mengenal-apa-itu-jmo-jamsostek-mobile-aplikasi-baru-pengganti-bpjstku?page=all
Anggraeni, V. Y. (2016). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Blended Learning Poltekba Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Doctoral dissertation, UAJY).
Lilis, C., & Fajriyani, D. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KEDAI KOPI KALA SENJA Lilis Cucu Sumartini dan Dini Fajriany Ardining Tias. 3(2), 111–118.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Prasetio, R. T. (2020). Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 2(1), 65-74.
Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Anshori, I. F., Rismayadi, A. A., Hidayatulloh, S., & Mubarok, A. (2018). Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
Putri, V. K. M. (2021). Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/09/142234669/dampak-kemajuan-teknologi-di-bidang-sosial-dan-budaya?page=all
Rachmawati, N. L., & Krisbiantoro, D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 29–35. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.473
Siri, M., Fitriyani, & Herliana, A. (2017). Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 4(1), 66–75.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawami, S.H., ed.). Bandung: Alfabeta.
Wibawa, S. W. (2020). Menakar Kelayakan Metode Riset Digital di Tengah Pandemi. Retrieved from https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/25/110600623/menakar-kelayakan-metode-riset-digital-di-tengah-pandemi?page=all