ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA ZOOM CLOUD MEETINGS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Aplikasi Zoom meeting cloud merupakan layanan konferensi video berbasis cloud computing. aplikasi ini memungkinkan penggunanya bertatap muka dengan pengguna lainnya secara virtual yang telah tergabung sebelumnya. Aplikasi tersebut meningkat penggunanya ditengah pandemic virus yang sedang melanda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi Zoom Meeting Cloud khususnya Mahasiswa Universitas Adhirajasa Reswara Sanjayauntuk malakukan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode Delone & McLean menggunakan empat variabel yaitu Kulitas Informasi (Information Quality), Kualitas Sistem (Sistem Quality), Kualitas Layanan (Service Qaulity), Kepuasan Pengguna (User Satisfaction).Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner secara onlinekepada Mahasiswa Universitas Adhirajasa Reswara Sanjayadan mengambil Samplesebanyak 50 responden. Metode pengolahan data yang digunakan adalahRegresi Linear berganda menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan variabel Kulitas Informasi (Information Quality), Kualitas Sistem (Sistem Quality), Kualitas Layanan (Service Qaulity),Kepuasan Pengguna (User Satisfaction).memiliki nilai korelasi sebesar 0,807 terhadap keberhasilan kinerja sistem, artinya variabel independen dan dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat, nilai F hitung sebesar 28,619nilai R Square (R2) sebesar 65,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model ini.Dengan demikian menyatakan bahwa variabel Kualitas Informasi (X1), Kualitas Sistem (X2), dan Kualitas Layanan (X3) secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna (Y) dapat diterima.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The Delone And Mclean Model Of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal Of Management Information Systems, 19(4), 9-30.
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165
Irawan, R., & Handayani, H. (2018). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Relasi Abadi Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(1), 1–7.
Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 70–80.
Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Anshori, I. F., Rismayadi, A. A., Hidayatulloh, S., & Mubarok, A. (2018). Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4142
Sukajie, B., Laksono, F. A., Mubarok, A., Susanti, S., & Kurniawan, A. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone Dan McLean. Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, 1(1), 46–52.
Tan, D., Suyatno, S., & Aliyah, S. (2015). Pengujian Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone & Mclean Pada Sektor Publik. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5130
Yel, M. B., & Ningtyas, S. A. (2019). Implementasi Model Utaut Untuk Analisis Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Perilaku Penggunaan Sistem Informasi. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 26–38.
Yuningsih, Y. (2019). Metode Delone dan Mclean Dalam Kepuasan Konsumen Terhadap Aplikasi Shopee. Bina Insani Ict Journal, 6(1), 55–64.
Zoom.us. (n.d.). Retrieved August 12, 2020, from https://zoom.us/