ANALISA WHATSAPP BUSINESS SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EKSTRAKURIKULER DI MASA POST-PANDEMIC MENGGUNAKAN METODE DELONE & MCLEAN
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v6i1.1415Keywords:
User Satisfaction Analysis, Whatsapp Business Application, Social Media Promotion, Extracurricular, DeLon McLean Success ModelAbstract
Dalam menghadapi tantangan kegiatan ekstrakurikuler yang terbatas selama pandemi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana WhatsApp Business dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan visibilitas dan partisipasi dalam 13 jenis ekstrakurikuler yang ada di SMK AL-Falah Tanjungjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode DeLone & McLean, yang melibatkan pengumpulan data dari 260 responden melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif mengenai pengalaman pengguna, kepuasan, dan persepsi terhadap WhatsApp Business sebagai alat promosi. Wawancara mendalam dilakukan untuk memahami konteks dan tantangan yang dihadapi oleh pengguna WhatsApp Business dalam konteks promosi ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Business memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi ekstrakurikuler di sekolah. Pengguna mengungkapkan kepuasan terhadap platform ini sebagai sarana promosi yang efektif, namun juga mengidentifikasi beberapa kendala yang perlu diatasi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi dan kendala WhatsApp Business sebagai alat promosi ekstrakurikuler di masa pasca-pandemi, memberikan dasar bagi pengembangan strategi promosi yang lebih efektif di lingkungan pendidikan.
References
Annisa, E. N., Matondang, N. H., & Afrizal, S. (2022). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Pada Kabupaten Nunukan. JIPI Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2822
Ardhiyani, R. P. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pada Kabupaten Tebo. Manajemen Sistem Informasi, 3(1). https://doi.org/2548-5873
Barcelos, R. H., Dantas, D. C., & Sénécal, S. (2019). The tone of voice of tourism brands on social media: Does it matter? Tourism Management, 74, 173–189. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.03.008
Bennett, S., McRobb, S., & Farmer, R. (2010). Ebook: Object-Oriented Systems Analysis and Design Using UML (4th ed.). McGraw-Hill Education Australia.
Fathansyah. (2015). Basis Data Revisi Kedua. INFORMATIKA.
Gat. (2015). Perancangan Basis Data Perputakaan Sekolah dengan Menerapkan Model Data Relasional. Citec Journal, 2(4), 304–3015.
Hauschild, M. Z., Rosenbaum, R. K., & Olsen, S. I. (2018). Life Cycle Assessment: Theory and Practice (1st ed.). Springer International Publishing, Switzerland.
Indrajani. (2018). Database Systems All in One Theory, Practice, and Case Study. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Indyah Hartami Santi. (2020). ANALISA PERANCANGAN SISTEM. Penerbit NEM.
Jogiyanto.H.M. (2017). Analisis dan desain (sistem informasi pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis). Penerbit Andi.
Maulana, H., Nugroho, B., Idhom, M., & Puspaningrum, E. Y. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Pariwisata dan Potensi Desa Kampunganyar Banyuwangi. Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA), 1, 209–212.
Preko, A., Amoako, G., Dzogbenuku, R., & Kosiba, J. P. B. (2022). Digital tourism experience for tourist sites revisits an empirical view from Ghana. Journal of Hospitality and Tourism Insights. https://doi.org/10.1108/JHTI-10-2021-0294
Skawanti.J.R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Kantor Di SMA Santa Maria 3 Cimahi. Jurnal Teknologi Dan Informasi (Tematik), 8(2), 228–240. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik
Wijaya.B. (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies. https://www.semanticscholar.org/paper/The-Development-of-Hierarchy-of-Effects-Model-in-Wijaya/0fbb577064039b3b9ba4a34b0ba4dbf621f3238a
Zali, B., Sopandi, R., & Abdussomad, A. (2018). Sistem Informasi Perpustakaan Berorientasi Objek Pada SMK Karya Mandiri Karawang. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 2(2), 135–144.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.