Perencanaan Enterprise Arsitektur Menggunakan Zachman Framework Pada PT XY Marketing Dan Promosi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula ragam aplikasi yang dibangun untuk menunjang kebutuhan suatu perusahaan. PT XY adalah perusahan yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan produk function. Dalam menjalankan proses bisnisnya perusahaan ini sangat mengutamakan (goods) barang dan (service) layanan yang berkualitas, sehingga menuntut fungsi marketing dan promotion untuk mempunyai strategi dan kinerja pemasaran yang sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Model enterprise architecture yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan enterprise architecture planning (EAP). EAP merupakan suatu metode yang digunakan untuk merancang enterprise architecture dengan memfokuskan pada arsitektur data, aplikasi, dan teknologi untuk mendukung bisnis dan rencana untuk mengimplementasikan arsitektur tersebut. Dalam menggunakan metode EAP nantinya akan menggunakan tahapan planning initation, business modelling, system dan teknologi saat ini, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan rencana implementasi. Dalam perancangan ini menggunakan Zachman Framework. Zachman framework adalah skema yang digunkan untuk klasifikasi pengorganisasian artifak enterprise. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint perencanaan EAP.
Keywords: EAP, Blueprint, initation, business modelling.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adhani, M., Abdillah, L. A., Widayati, Q., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., Darma, U. B., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (2015). Analisa dan perancangan sistem informasi penerimaan siswa baru dan pembayaran spp menggunakan zachman framework. 641–647.
Irfanto, R., & Andry, J. F. (2017). PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK ( STUDI KASUS : PT . VIVAMAS ADIPRATAMA ). November, 1–2.
Kurniawan, B., & Kom, M. (n.d.). ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING SISTEM INFORMASI. 9(1), 21–32.
Maryama, S. (2018). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Liquidity, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.132
Slameto, A. A., Utami, E., Pangera, A. A., Magister, M., Informatika, T., Sarjana, P. P., Magister, D., Informatika, T., Sarjana, P. P., Pelaporan, S., & Informasi, T. (2012). ANALISIS DAN DESAIN ARSITEKTUR ENTERPRISE. 37–52.
Spencer, J. (2003). TOGAF -The Open Group Architecture Framework. October.
Yau, O.B. ,2002, An Emprical Investigation of the Impact of Business to Busines Electronic Commerce Adoption on the Business Operation of Hong Kong Manufacturers, First Monday, Vol.7 No.9.
Zachman, J. A. (1987). A framework for information systems architecture. 26(3).