PENGARUH PRODUCT AWARENESS, PRODUCT BERLABEL CRUELTY-FREE NO ANIMAL TESTING TERHADAP PURCHASE INTENTION

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sahidillah Nurdin
Adira Aprilia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green Product awareness dan product knowledge pada produk skincare berlabel cruelty-free dan no animal testing terhadap purchase intention pada generasi Z di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Desktiptif dan Verifikatif dengan analisis regresi linier berganda, melalui teknik sampling non probability dengan teknik purposive sampling. Menggunakan jumlah 100 responden pada masyarakat generasi Z (13-26 tahun) di kota Bandung melalui bantuan software SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukan green product awareness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, product knowledge berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, Green product awareness dan product knowledge produk skincare berlabel cruelty-free dan no animal testing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada masyarakat generasi Z di Kota Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurdin, S., & Aprilia, A. (2024). PENGARUH PRODUCT AWARENESS, PRODUCT BERLABEL CRUELTY-FREE NO ANIMAL TESTING TERHADAP PURCHASE INTENTION. Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 35-44. https://doi.org/10.51977/jsm.v6i1.1594

References

Alamsyah, D. P., Hariyanto, O. I. B., & Rohaeni, H. (2019). Customer Green Awareness and Eco-Label for Organic Products. 100(Icoi), 64–68. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.12
Alaouir, T., Gustavsson, R., & Schmidt, N. (2019). Factors Driving Purchase Intention for Cruelty-free Cosmetics : A study of female millennials in Jönköping, Sweden. Jonkoping University, Independen(May), 93.
Amalia, A. F. (2021). Apa itu Product Knowledge dan Penerapannya dalam Bisnis. Sekawanstudio.Com.
Andersen, M. L., & Winter, L. M. F. (2019). ): e20170238 (Annals of the Brazilian Academy of Sciences) An Acad Bras Cienc. An Acad Bras Cienc, 91(1), 1–14. https://doi.org/10.1590/0001-3765201720170238.1
Angus, A., & Gina, D. A. N. (2019). 10 Teratas Dunia Tren Konsumen 2019.
Ansu-Mensah, P. (2021). Green product awareness effect on green purchase intentions of university students’: an emerging market’s perspective. Future Business Journal, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s43093-021-00094-5
Asha, P., & Rathiha, R. (2017). Gender awareness towards green Products. Biz and Bytes, 8(1), 217–223.
Barbarossa, C., & Pastore, A. (2015). Why environmentally conscious consumers do not purchase green products: A cognitive mapping approach. Qualitative Market Research, 18(2), 188–209. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2012-0030
Darmanto, A. R. P., & Sari, D. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. Management, 9(2), 727–733.
Dewi, N. K. (2021). 5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco Hero. IDN Times.Com.
Dewi, W. W. A., & Syauki, W. R. (2022). Kesadaran hijau konsumen wanita terhadap produk berkelanjutan di Indonesia. 13(1), 129–139.
Faradila, S. N. (2021). Produk Skincare Aman Gak Sih Tanpa Diuji ke Hewan?
Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686
Gani, I. S., Pane, D., & Amansyah, F. (2022). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Produk Avoskin. Journal Of Business Administration, 2(2), 71–82.
Hanjani, G. A., & Widodo, A. (2019). Consumer Purchase Intention. Journal of Secretary and Business Administration, 3(1), 39. https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90
Herawati, L. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Produk hijau, citra Merek Hijau, dan harga Premium terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tupperware di Soloraya).
Irfan, F., & Khiriyah, S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen untuk Membeli Produk Hijau (Studi pada Wanita di Kota Solo). Fokus Manajerial, 12(1), 12–22.
Khoiriyah, S., & Toro, M. J. S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membeli produk hijau. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 63–76.
Magfiroh, D. F. (2019). Pengaruh Terpaan Buzz marketing Dan Product Knowledge terhadap Purchase Decision Pada Produk Nature Republic.
Muzaki, L. (2020). Product Knowledge: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Mengukur PK Konsumen. In pengadaanbararang.co.id.
Nuraisyah, W., & Nuzil, N. R. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Starbucks Di Sekitaran Purwosari ). 2, 131–141.
Pülm, C. (2021). Purchase intention of cruelty-free cosmetics: The effects of brand type and cruelty-free labels. June.
Purwanto, N. (2021). Pengaruh Eco Label Dan Green Product Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2817–2826.
Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., Mawardi, M. K., Administrasi, F. I., & Brawijaya. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Di, Pembelian Konsumen ( Survei Pada Konsumen The Body Shop Indonesia Dan Di Malaysia ). 43(1)(1), 121–131.
Ramadhani, N. U., Wibawa, B. M., & Gunawan, J. (2019). Analisis Sikap Konsumen Perempuan terhadap Produk Green Skincare: Pendekatan Multiatribut Fishbein. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i1.41624
Riadi, M. (2018). Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli. kajianpustaka.com.
Tridiwianti, F., & Harti. (2020). Pengaruh Green Product Awareness Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 9(1), 1104–1110.
Unsada, S. (2021, April). Pentingnya Memilih Kosmetik Yang Bebas dari Animal Testing. Kumparan.Com.
Wuisan, E. C., & Februadi, A. (2022). Consumers’ Attitude towards the Cruelty-Free Label on Cosmetic and Skincare Products and Its Influence on Purchase Intention. Journal of Marketing Innovation (JMI), 2(2), 33–43. https://doi.org/10.35313/jmi.v2i2.35

Most read articles by the same author(s)