PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA HUBUNGAN ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) OLEH BEAUTY VLOGGER DAN MINAT BELI PRODUK KOSMETIK

  • Sahidillah Nurdin
  • Via Wildiansyah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) oleh beauty vlogger terhadap minat beli produk kosmetik yang dimediasi oleh citra merek pada masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang mengetahui dan yang menonton video Emina One Brand Tutorial Make Up pada channel youtube Fatya Biya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap cita merek, electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat beli, citra merek mampu memediasi secara signifikan pengaruh electronic Word of mouth (e-WOM) terdapat minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyanti, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal Of Management, 6, 1–14.
Arfatillah, I. H. (2018). PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus pada Produk Emina dalam Mini Drama Bittersweet). UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.
Elpansyah, C., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata. Jurnal Sain Manajemen, 1(1), 85–95. http://ejurnal.univbsi.id/index.php/jsm/index 85
Eriza, Z. N. (2017). Peran Mediasi Citra Merek dan Persepsi Risiko pada Hubungan antara Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Kosmetik E-Commerce di Solo Raya). Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(1), 14. https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.3501
Faza, M. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Merek (Studi Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi, 6(4), 1–11.
Hamidun, M. A., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image (Studi Pada Followers Akun Instagram @Ouvalresearch). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(2), 61–68. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/2573/2967
Iswara, I. G. A. D., & Jatra, I. M. (2017). PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE ( Studi Kasus Pada Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan tekonologi yang s. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 3991–4018. https://www.neliti.com/id/
Majid, N., & Rofiq, A. (2013). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang Oleh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nasiruddin, K., Hashim, H., & Raja Yusof, R. N. (2016). Electronic Word of Mouth : Exploring the Consumer Perspective. International Journal of Accountig, Business and Mangement, 4(2), 19–25. https://doi.org/10.24924/ijabm/2016.11/v4.iss2/19.25
Putri, S. R., & Amalia, R. (2018). Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee.id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa EKonomi Manajemen, 3(2), 75–84.
Razany, R. F., & Herieningsih, S. W. (2018). Pengaruh Persepsi pada Electronic Word of Mouth (e-WOM) melalui Beauty Vlogger dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Catrice. Universitas Diponegoro.
Respati, R. D., & Dani, La. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN PADA ATRIBUT PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KE THEME PARK CITRA RAYA WORLD OF WONDERS CIKUPA TANGERANG. Journal of Tourism, 1(1), 1–20.
Saputra, S., & Barus, felisyane M. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELANJA KONSUMEN DI BATAM. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 1–11.
Saputri, F. F. F. (2018). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa IAIN Surakarta). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.
Zahra, F. A., & Salman. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Make Over Melalui Beauty Vlogger Dalam Membangun Citra Merek. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 29–42. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i2.489
ZAP Clinic Index, & MarkpPlus. (2020). ZAP Beauty Index 2020. Zap Clinic Index, 1–36. https://zapclinic.com/zapbeautyindex
Published
2021-02-10
How to Cite
Nurdin, S., & Wildiansyah, V. (2021). PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA HUBUNGAN ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) OLEH BEAUTY VLOGGER DAN MINAT BELI PRODUK KOSMETIK. Jurnal Sain Manajemen, 3(1), 11-20. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/article/view/418