Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Astri Serliani
Sahidillah Nurdin
yayu Sri Rahayu

Abstract

Masyarakat Indonesia, terutama wanita senang memperhatikan penampilan yang mereka gunakan. Perilaku masyarakat Indonesia yang mudah menyerap perubahan tren, menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis fashion, Dewasa ini, kegiatan berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan sebagai gaya hidup dan aktifitas untuk menghabiskan waktu luang, bahkan juga dapat menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan untuk bersenang-senang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada produk Sophie Paris BC Yuna Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling  dengan kriteria masyarakat kota bandung yang yang datang dan melakukan pembelian secara tidak terencana pada Shophie Paris BC Yuna Kota Bandung. dengan jumlah responden yang ditetapkan adalah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, dan variabel shopping lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Dari Hasil uji simultan bahwa variabel fashion involvement dan shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Serliani, A., Nurdin, S., & Sri Rahayu, yayu. (2019). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 28-39. https://doi.org/10.51977/jsm.v1i1.82

References

Adhandayani, A. (2018). Beda Budaya, Beda Pula Penyebab Belanja Impulsif. Retrieved July 1, 2019, From Kompasiana Website: Https://Www.Kompasiana.Com/Amemalia/5c0fe798bde5752fd6427817/Beda-Budaya-Beda-Pula-Penyebab-Belanja-Impulsif?Page=All

Dahmiri, Roza, S., & Pangestu, R. W. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Informa Furnishing Jambi Town Square Kota Jambi. 129–138.

Deviyanti, R. (2017). Kecenderungan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Yang Berbelanja Di Intan Market Di Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat (Ditinjau Dari Aspek Jenis Kelamin Dan Umur). Universitas Sanata Sharma Yogyakarta.

Herabadi, A. G., Verplanken, B., & Knippenberg, A. Van. (2009). Consumption Experience Of Impulse Buying In Indonesia : Emotional Arousal And Hedonistic Considerations. Asian Jurnal Of Social Psychology, 12, 20–31. Https://Doi.Org/10.1111/J.1467-839X.2008.01266.X

Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018a). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa. 2(2), 174–180.

Hasanah, N. (2018). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Tas Sophie Paris Bc Wartinih Rajawali (Survei Pada Konsumen Tas Sophie Paris Bc Wartinih Rajawali Kota Bandung). (7), 1–20. Retrieved From Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/40393

Prastia, F. E. (2013). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan. 1–6.

Putu, N., Deviana, S., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Di Kota Denpasar. 5(8), 5264–5273.

Yolanda, E., & Alamsyah, D. P. (2013). Pengaruh Citra Merek Dan Pandangan Kualitas Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Mcdonald ’ S Bandung. 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31311/Jeco.V1i2.144

Tirmizi, M. A., Rehman, K., & Saif, M. I. (2009). An Empirical Study Of Consumer Impulse Buying Behavior In Local Markets. European Journal Of Scientific Research, 28(4), 522–532.

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasarn, 6, 32–41.

Wijaya, A. M., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Kasus Pembelian Hijab Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen, 000(November 2016), 124–135. Https://Doi.Org/10.1123/Ijsb.8.1.1

Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018b). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa. 2(2), 9–15.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (23rd Ed.). Bandung: Alfabeta, CV Bandung.

Setyasih, D. A. (2017). ANALISIS Pengaruh Price Discount , Bonus Pack , Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen (Studi Kasus Pada Swalayan Kembang Mas Grabag Di Kota Magelang).

Vazifehdoost, H., Rahnama, A., & Mousavian, S. J. (2014). Evaluation Of The Influence Of Fashion Involvement , Personality Characteristics , Tendency To Hedonic Consumption And Store Environment On Fashion-Oriented Impulse Buying. Mediterranean Journal Of Social Sciences, 5(16), 223–231. Https://Doi.Org/10.5901/Mjss.2014.V5n16p223

Saputro, D. R. (2017). Pengaruh Kelas Sosial, Gaya Hidup, Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Memilih Institusi Perguruan Tinggi Negeri (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Surakarta). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sampurno, T. P., & Winarso. (2015). Pengaruh Motivasi Hedonis , Browsing Dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Shop ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ). 255–