Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cepi Elpansyah
Sahidillah Nurdin
Yayu Sri Rahayu

Abstract

 


Dalam beberapa tahun terakhir ini terjadi banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh jasa travel terlebih pada jasa travel umroh, adanya masalah tersebut diamati mengakibatkan menurunnya minat konsumen untuk menggunakan jasa umroh dengan berbagai aspek salah satunya adalah menurunnya tigkat  kepercayaan masyarakat terhadap penyedia jasa travel umroh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen dengan variabel kepercayaan dan citra perusahaan sebagai variabel intervening pada PT Indojava Mulia Wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 90 responden yang kemudian disebar menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan alat bantu statistik menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, Kepercayaan berpengaruh terhadap Minat Beli pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli melalui Citra perusahaan pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata,  Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, sedangkan Word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat beli konsumen pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Elpansyah, C., Nurdin, S., & Sri Rahayu, Y. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata . Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 85-95. https://doi.org/10.51977/jsm.v1i1.94

References

Alamsyah, D. P., & Anugrah, R. (2015). Membangun Kepercayaan Nasabah Pada Internet Banking. Ecodemica, 3(1), 464–473. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/33

Bhaskara, S. et al. (2014). Customer Relationship Management (Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Virgo Ekspres Tours & Travel Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 99–110.

Bilondatu, M. R. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal EMBA, 1(3), 710–720.

Febiana, D. (2014). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker ’ s Resto dan Cafe di Kota Malang ). 16(1), 1–6.

Ishak, A. (2009). PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS : STUDI TENTANG PERAN MEDIASI.

Manajemen, M., & Ekonomi, F. (2017). PERAN MEDIASI CITRA MEREK DAN PERSEPSI RISIKO PADA HUBUNGAN ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E-WOM ) DAN MINAT BELI ( STUDI PADA KONSUMEN KOSMETIK E-COMMERCE DI SOLO RAYA ). IX(1), 14–24.

Permadi, C. P., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Dapoer Mie Galau Jalan Selorejo 83 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 1–7.

Perusahaan, C., Kualitas, D. A. N., Pengaruhnya, P., Manado, M. D. I., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2014). 3 1,2,3. 2(3), 1150–1161.

Priansa, D. J. (2016). Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen untuk Berbelanja Online d. Ecodemica, 4(1), 117–124. https://doi.org/10.31311/JECO.V4I1.353

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(1), 100–107. https://doi.org/10.31311/JECO.V4I1.351

Safitri, E. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center [ Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center di Kota Malang ].

Safitri, Y. A. (2011). Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Dan Perannnya Terhadap Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bca Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(1), 117. https://doi.org/10.14414/jbb.v1i2.245

Sharifi, S. S., & Esfidani, M. R. (2014). The impacts of relationship marketing on cognitive dissonance, satisfaction, and loyalty : the mediating role of trust and cognitive dissonance. International Journal of Retail & Distribution Management, 42(6), 553–575. https://doi.org/10.1108/IJRDM-05-2013-0109

Suroyo, F. (2015). The Influence of Service Based on Information Technology Electric Prepaid and Customers Relationship of Customer Trust and Its Impact on The Company Image. Bisnis & Manajemen, XVI(1), 13–21.

Yuliansyah, H., & Manajemen, M. (2014). BAKERY DAN KUALITAS LAYANAN DALAM. II(2), 211–221.