APLIKASI DESAIN KARTU NAMA BERBASIS ANDROID PADA CV TIRTA ANUGRAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mustofa Mustofa
Sari Susanti
Hamdun Sulaiman

Abstract

Kartu nama, kartu yang berisi informasi seseorang atau perusahaan yang lumrahnya terdapat informasi nama, telepon, alamat rumah serta kantor. Kartu tersebut digunakan sebagai media promosi atau pemasaran yang ampuh. CV Tirta Anugrah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital printing, kehadirannya sangat dibutuhkan untuk keperluan promosi perusahaan, seperti pencetakan kartu nama. Ketika konsumen ingin mencetak kartu nama tapi belum mempunyai desain dan saat akan menyampaikan desain yang diinginkannya kesulitan karena tidak ada media komunikasi antara konsumen dan customer service. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menjembatani antara konsumen dan customer service. Pembuatan aplikasi desain kartu nama berbasis android dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut. Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua pihak tidak seperti aplikasi desain lainnya yg membutuhkan skill mumpuni. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall. Pengembangan dimulai dari tahap analisis, perancangan, pengkodean, dan pengujian. Aplikasi ini beroperasi pada OS Android minimal versi 7. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan aplikasi desain kartu nama berbasis android dapat menjadi solusi yang tepat dalam menangani masalah yang ada pada CV Tirta Anugrah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Barlian, E. (2016). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.
Cholil, A. M. (2018). 101 Branding Ideas (Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen). Anak Hebat Indonesia.
Effendhy, A. (2018). Meraup Rupiah Bermodal Photoshop. Kubus Media.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151.
Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642
Oktarino, A. (2017). Perancangan Sistem Nformasi Rekam Medis Pasien Pada Klinik Bersalin Kasih Ibu Menggunakan Metode Waterfall. Scientia Journal, 4(3).
Sayoga, R. A. (2017). Perancangan media promosi melalui desain aplikasi android" Kalampoki Quayhouse" kafe Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Seni Dan Desain-Fakultas Sastra UM.
Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.
Yulianti, A., Akbar, T., & Syukur, A. (2019). Aplikasi Sticker Motor Scoopy Berbasis Android (Studi Kasus CV. Upgrade Graphic Design). It Journal Research and Development, 3(2), 96–105. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1049
Zainudin, A. (2020). MULTIMEDIA KATALOG BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH PADA IDEKU DEKAL JERSEY SALATIGA. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 143–149.