ANALISIS DESAIN DAN PENGEMBANGAN POINT OF SALES ASTAKONA ANUGERAH ABADI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Astakona Anugerah Abadi merupakan sebuah perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang ekspor-impor kayu palet. Adapun masalah yang dihadapi oleh Astakona Anugerah Abadi ialah kesulitan dalam pencatatan produk dan transmigrasi data per bagian divisi, alhasil memakan banyak waktu yang dapat digantikan oleh kegiatan yang lain. Pada penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk memberikan sentuhan digital dalam sistem pencatatan dari penggunaan kertas serta meminimalisir penggunaan kertas menjadi sistem elektronik berbasis web dengan menggunakan metode XP. Extreme Programming merupakan tahapan yang dapat memberikan perencanaan dan umpan balik secara khusus kepada klien sehingga mempermudah dalam pengembangannya dan dapat ditarik kembali jika terdapat kesalahan dalam pengembangan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi penjualan, selain itu menghasilkan kesimpulan dan feedback dari klien.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bhiantara, I. B. P., Indrawan, G., & Aryanto, K. Y. E. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi E-Ticket Mobile dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Dinas Pariwisata Karangasem). Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 5(1), 38-48.
Fitrianti, & Widyasari, Y. D. L. (2022). Sistem Monitoring Pengadaan Bahan Baku Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Ayam Geprek Family. November, 17–19.
Hisham, R., & Aripradon. H. W. (2022). Perancangan Dan Pengembangan Web Marketplace Kebutuhan Rumah Tangga Menggunakan Model Wdlc Dengan Metode Scrum. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i1.424
Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17-24.
Putra, A. P., Andriyanto, F., Karisman, K., Harti, T. D. M., & Sari, W. P. (2020). Pengujian Aplikasi Point of Sale Menggunakan Blackbox Testing. Jurnal Bina Komputer, 2(1), 74–78. https://doi.org/10.33557/binakomputer.v2i1.757
Rahayu, S., Fitriani, L., Kurniawati, R., & Bustomi, Y. (2019). E-commerce based on the Marketplace in efforts to sell agricultural products using Xtreme programming approach. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/6/066108
Risma, N., & Nur, S. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming Pada Pt. Dae Duck Textile. Jurnal Computech & Bisnis, 15(2), 1–10.
Sama, H., Hisham, M. R., Pratama, J., Andito, L., Kho, A., & Wijaya, H. (2022). Comparative Audit of Batam City Information System and COVID-19 National Website. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 7(2), 340. https://doi.org/10.24114/cess.v7i2.32354
Saraswati, P., & Amin, Z. (2023). Sistem Informasi Manajemen Apotek Menggunakan Metode Extreme Programming. 4(2), 659–668. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2995
Sari, W. M., Amran, A., & Lingga Wijaya, H. O. (2020). Penerapan E-Commerce Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Umkm Kabupaten Muratara. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.32767/jusikom.v5i2.1095
Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tumini, T., & Septiana, H. (2021). Penerapan Extreme Programming Dalam Penerapan Perancangan Aplikasi Web Web Food Market. Jurnal Informasi Dan Komputer, 9(2), 113–121. https://doi.org/10.35959/jik.v9i2.222
Vebriandi, M. Y., & Jony, J. (2021). Extreme Programming Approach Pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Kerajinan Ujang Songket Palembang. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 13(2), 109–121.