IMPLEMENTASI APLIKASI DECIBEL METER BERBASIS ANDROID DI PT TRINITECH EVORACE MOTOINDO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Faris Yudha Prasetya
Syarif Hidayatulloh

Abstract

Mengganti knalpot racing seringkali dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor untuk merubah tampilannya. Namun tak sedikit juga yang mengabaikan spesifikasi knalpot tersebut sehingga suaranya justru malah dapat menimbulkan ketidaknyamanan untuk orang lain. Level kebisingan knalpot telah diatur dan harus dipatuhi bagi setiap pemilik kendaraan. PT Trinitech Evorace Motoindo merupakan produsen dan distributor produk knalpot hybrid dengan teknologi tiga suara atau dikenal dengan nama knalpot 3Tech yang sudah dipatenkan. Namun permasalahanya adalah banyak konsumen dari produk tersebut terkadang tidak dapat membuktikan bahwa knalpot yang digunakannya sesuai dan tidak melanggar level kebisingan ketika terjadi razia lalu lintas. Permasalahan ini sebenarnya dapat diatasi dengan suatu aplikasi mobile pada perangkat Android. Pada perangkat tersebut terdapat input audio yang mampu divisualisasikan dalam bentuk angka. Maka tujuan penulisan penelitian ini ialah untuk mengembangkan aplikasi pengukur tingkat kebisingan dengan aplikasi Android. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem ini adalah menggunakan metode waterfall. Hasilnya aplikasi pengukur tingkat kebisingan ini menjadi sarana bagi konsumen dan mekanik knalpot 3Tech dalam menguji dan membuktikan bahwa tingkat kebisingan produk 3Tech yang dipasang telah sesuai dengan spesifikasinya. Aplikasi ini menampilkan besaran dari 3 tipe suara knalpot 3Tech baik dari tipe Silent, Street atau Racing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. https://doi.org/10.31227/osf.io/s3kr6
Hidayat, S., & Iedam, I. (2021). Perancangan Sistem Aplikasi Inventory Barang Agent Pt Infomedia Solusi Humanika. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 2(1), 231–238.
Iyyaka, T. (2020). Pengukuran Tingkat Kebisingan Ruang Kerja Pandai Besi Pada UD. Rezeki Mulya Di Desa Suger Kidul Menggunakan Aplikasi Sound Level Meter Berbasis Android. In Repository.Unej.Ac.Id. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.
KLHK RI. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.56/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 (P.56/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019; pp. 1–25). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Laksana, T. R. (2019). Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Laksana.
Ridwan, R., & Wiguna, W. (2020). Aplikasi Desain Sertifikat Penghargaan Berbasis Mobile di SMK Al Mukhlisiyah. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 320–329.
Saepudin, D., Wiguna, W., Sanjaya, A. R., Studi, P., Informasi, S., Sanjaya, A. R., Studi, P., Informasi, S., Jauh, P. J., Android, A., Firebase, B. D., & Learning, M. (2020). APLIKASI VIDEO CONFERENCE BERBASIS MOBILE DISTANCE LEARNING. 1(1), 330–340.
Simanjuntak, R. B., Wiguna, W., Sanjaya, A. R., Studi, P., Informasi, S., Sanjaya, A. R., Studi, P., Informasi, S., Video, P., Pernikahan, S., & Firebase, B. D. (2020). APLIKASI VIDEO CREATOR SEREMONI PERNIKAHAN. 1(1), 276–284.
Suryana, N., Wiguna, W., Sanjaya, A. R., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., Grafis, D., Maker, L., & Logo, D. (2020). Aplikasi Logo Maker Berbasis Mobile. 1(1), 144–152.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5. https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf