APLIKASI MOBILE LEARNING JURUSAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA SMK 1 ANJATAN INDRAMAYU
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan dunia teknologi dan informasi begitu sangat cepat hingga merambat ke dunia pendidikan. Berbagai perpaduan antara kurikulum baru yang diiringi dengan kemajuan teknologi dapat memberikan terobosan baru di dunia pendidikan untuk lebih meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar. Hal itulah yang perlu diadakan di setiap sekolah demi meningkatkan tujuan pembelajaran. SMKN 1 Anjatan adalah salah satu sekolah menengah Kejuruan Negeri yang terletak di kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang masih menggunakan pembelajaran manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak guru dalam mengembangkan kreatifitas siswa meskipun siswa tidak berada di sekolah yang nantinya dapat diharapkan sebagai salah satu sistem yang dapat mengefektifkan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode perancangan perangkat lunak SDLC (System Development Life Cycle) waterfall yang mempunyai lima tahap yaitu Analisa Kebutuhan, Desain, Pembuatan Kode, Integrasi dan Pengujian, Support dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan Android Studio dengan bahasa pemrograman java sebagai pembuatan aplikasinya. Penelitian ini menghasilkan dua buah aplikasi yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dengan berbagai fitur dan interface yang sangat mudah digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048
Desmayadi, V., & Firmansyah, R. (2019). Penerimaan Aplikasi One Qur’an Sebagai Platform Belajar Membaca Qur’an Menggunakan Metode TAM. http://digilib.ars.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4911&keywords=Penerimaan+Aplikasi+One+Qur%27an+Sebagai+Platform+Belajar+Membaca+Qur%27an+Menggunakan+Metode+TAM
Firmansyah, Y., & Udi, U. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i1.1605
Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666
Fridayanthie, W. E. (2015). Perancangan sistem informasi penjualan peralatan hiking berbasis desktop pada toko cimone outdoor tanggerang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 143–151. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1665
Hidayatulloh, S., & Muttaqin, Y. R. (2019). PERANCANGAN APLIKASI DESTINASI PUSAT OLEH- OLEH KOTA GARUT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE DAN GOOGLE MAPS APIS. 1–8. http://digilib.ars.ac.id/index.php?p=show_detail&id=5243&keywords=
Pratama, A. R. (2019). Belajar Unified Modeling Language (UML) - Pengenalan. https://www.codepolitan.com/unified-modeling-language-uml
Sukmaindrayana, A., & Sidik, R. (2017). Aplikasi Grosir Pada Toko RSIDIK Bungursari Tasimalaya. Jurnal Manajemen Informatika, 4(2), 1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suparman, J., & Arifin, T. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE. 1–10. http://digilib.ars.ac.id/index.php?p=show_detail&id=5248&keywords=