SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ASPIRASI MASYARAKAT SEBAGAI POKOK PIKIRAN DPRD KOTA TASIKMALAYA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Berdasarkan riset pada DPRD Kota Tasikmalaya, ditemukan bahwa dalam pengajuan aspirasi masih belum terkomputerisasi sehingga ditemui beberapa masalah seperti pencatatan data pokok-pokok pikiran kurang efektif, sehingga terjadi penumpukan data berupa hard copy, mekanisme hasil penyusunan pokok-pokok pikiran yang jarang dipublikasi, sehingga beresiko terjаdinya manipulasi data, terutаmа dаlаm рembаgiаn роs аnggаrаn pokok-pokok pikiran sertа рelаksаnааnnyа kurаng mengаkоmоdаsi аsрirаsi mаsyаrаkаt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem informasi pengelolaan aspirasi masyarakat yang efektif dan efisien serta membangun sarana komunikasi antara masyarakat dan pemerintah Sekretariat DPRD Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode SDLC Waterfall. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa perancangan sistem informasi pengelolaan aspirasi masyarakat merupakan solusi yang sangat baik untuk menghindari terjadinya penumpukan data, serta masyarakat dapat mengetahui dan memantau hasil dari penyusunan pokok-pokok pikiran anggota DPRD.
Kata Kunci: Aspirasi Masyarakat, DPRD Kota Tasikmalaya, Pokok Pikiran, Waterfall
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andri., Gunawan. I.K, Budiman. (2018). Studi Tentang Penyaluran Aspirasi Oleh Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Senambah, Desa Ngayau, Desa Mulupan Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur. EJournal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 199–212.
Dachi, T. (2022). Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah Sebagai Sebuah Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Fungsi Legislasi Dprd Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Prointegrita, 6(3), 32–46.
Irawati, D. T. (2019). Strategi Optimalisasi Pengelolaan Aspirasi Masyarakat Dan Daerah Melalui Kolaborasi Dan Sinergitas Di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dpd Ri. Journal of Public Policy and Applied Administration, 1(1), 17–38.
Maryanto, S., E. P. (2022). Implementasi Fungsi Legislasi Dprd Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 05(01), 39–51.
Pahlawan, R. H. (2019). Kinerja badan permusyawaratan desa dalam menyalurkan aspirasi masyarakat. Jurnal Civic Hukum, 4(November), 147–154.
Saefudin, D. F., Yulikomalasari, & Arianti, D. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Pt Bina San Prima Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 158–175. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.796
Sagita, N. I. (2016). Partisipasi Warga Masyarakat Dalam Penilaian Kinerja Kecamatan Di Kota Bandung. CosmoGov, 2(2), 308–329. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v2i2.10009
Sundari, I. P. (2018). Transparansi Layanan Penyampaian Aspirasi Masyarakat Pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Socio Politica : Jurnal Ilmiah Jurusan Sosiologi, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.15575/socio-politica.v8i2.3578
Tavares., O. M. . (2019). Analisis dan Perancangan Layanan Aspirasi Dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu. Jurnal Teknologi Terpadu, 5(2), 303–313. https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/download/226/157/777