Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Strategi Price, Promotion, dan Distribusi Pada Kelompok Wanita Tani Cigiringsing Berkebun Dalam Memasarkan Hasil Kebun

Authors

  • Rina Dwi Handayani
  • Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Keywords:

Pelatihan, Manajemen Pemasaran, Berkebun

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat, khususnya kepada wanita tani Cigiringsing berkebun dalam memasarkan hasil kebun, dengan maksud untuk memberikan dukungan agar hasil kebun tersebut dapat dipasarkan secara luas. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat RW. 03 ini berada di desa Cigiringsing, Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Langkah pemanfaatan lahan pekarangan dan lingkungan dengan budidaya sejumlah tanaman sayuran, membawa banyak manfaat bagi sejumlah warga Kampung Cigiringsing, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Bandung, Selain kawasan lingkungan menjadi hijau, hasil panen tersebut mampu menjadikan sumber ketahanan pangan sekaligus usaha sampingan bagi warga dari menjual sayuran. Sebelumnya, bertanam masih dilakukan kebanyakan oleh kalangan bapak-bapak, namun belakangan kalangan wanita tidak hanya ibu rumah tangga saja namun para wanita muda yang dulunya bekerja di toko, pabrik ataupun perusahaan  juga banyak yang akhirnya berkebun, hal ini menjadi salah satu pilihan mata pencaharian mereka, hal ini terjadi karena adanya dampak covid 19 yang mengakibatkan para wanita ini hilang pekerjaan, sehingga berkebun merupakan salah satu pilihan. Mereka memanfaatkan lahan perkarangan untuk membudidayakan sayuran. Hasilnya sudah dirasakan oleh beberapa wanita tani di desa tersebut, sehingga dapat memotivasi wanita lain yanga ada di desa tersebut. Namun hasil penjualan dari hasil kebun tersebut belum terlalu baik sesuai dengan harapan para petani wanita, jangkauan pemasarannya pun relatife belum luas, hanya sekitar pasar Ujung berung saja, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada wanita tani,  agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi lagi.  Maka dari itu, pelatihan pemasaran manajemen yang akan diberikan adalah dengan menggunakan  strategi pemasaran manajemen yang hanya menitik beratkan kepada price, promotion dan distribusi

Kata kunci: pelatihan, manajemen pemasaran, berkebun

Downloads

Published

2021-02-11

How to Cite

Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Strategi Price, Promotion, dan Distribusi Pada Kelompok Wanita Tani Cigiringsing Berkebun Dalam Memasarkan Hasil Kebun. (2021). Jurnal Sosial & Abdimas, 3(1), 16-24. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsa/article/view/316

Similar Articles

1-10 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.