Strategi Pengembangan Bisnis Pratani Training Camp Di Kp. Cilintung, Baleendah, Kabupaten Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Purwadhi
Yani Restiani Widjaja
Erliany Syaodih
Gartika Rahmasari
Mita Wydaswara

Abstract

Setiap unit bisnis perlu mengetahui strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Tema ini yang diusung oleh Prodi Magister Manajemen, ARS Universtity dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan Pratani, sebuah training camp yang menyediakan pelatihan bagi masyarakat umum yang berminat untuk menjadi peternak ayam petelur. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan kajian teoretis strategi pengembangan bisnis. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam strategi pengembangan bisnis sehubungan dengan kondisi lingkungan, yaitu kondisi lingkungan internal dan eksternal. Kondisi lingkungan internal merupakan kekuatan dari suatu strategi pengembangan bisnis, berupa sumber daya manusia yang kompeten, konsistensi program pelatihan serta perencanaan program pelatihan yang optimal membuat luaran yang optimal yaitu peserta pelatihan budidaya ayam petelur yang kompeten dibidangnya. Kondisi eksternal yang menyangkut peluang adalah dapat menciptakan ide lapangan pekerjaan yang baru bagi para peserta program, adanya kerjasama dengan lembaga bisnis atau pelatihan lain yang sejenis, mendapat dukungan dari masyarakat karena memberdayakan masyarakat sekitar. Strategi yang bisa diterapkan oleh Pratani yaitu aktif promosi di berbagai sosial media dan joint venture

##plugins.themes.academic_pro.article.details##