Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Aktivitas Penjualan Online Bolusule (Bolu Susu Lembang) di Tengah Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa dan Bali

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Dwi Handayani
Yuliana Pinaringsih Kristiutami
Willma Fauzzia

Abstract

Pada tanggal 3 sampai 20 juli 2021 , pemerintah Indonesia resmi memberlakukan PPKM darurat di jawa dan bali, Penerapan ini tentu akan kembali membawa dampak bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sedang perlahan bangkit dari pandemi yang telah melanda sejak awal 2020. Penyebaran Covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Agar bisa bertahan, bisnis pun perlu beradaptasi dan mengubah strategi salah satunya melalui penjualan online. Pemanfaatan gadget dan media sosial khususnya instagram merupakan salah satu langkah antisipasi yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM khususnya dalam bidang usaha  bolu susu lembang (Bolusule). Dalam kondisi seperti inilah perlu dilakukan pelatihan agar para pekerja yang ada di tempat usaha bolu tersebut mendapat pengetahuan umum umum mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal. dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah  pemanfaatan media sosial Instagram untuk dapat memasarkan produk warga lebih luas lagi. Pada pelatihan yang dilakukan secara zoom meeting ini, ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari karyawan tempat usaha bolu susu lembang. Dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan para karyawan yang ada di tempat usaha bolu susu lembang ini dapat berfikir kreatif dan inovatif dan dapat mengetahui mafaat dari penggunaan media sosial instagram guna memasarkan produk bolu susu lembang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##