Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha UMKM Kelurahan Kebonbaru Kecamatan Kejaksan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andinna Ananda Yusuff
Fardhoni Fardhoni
Indra Surya Permana
Tuti Herawati
Iin Indra Nuraeni

Abstract

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM dalam menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit, dengan sendirinya, tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing. Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) mengintegrasikan penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran UMKM, (2) meningkatkan pemahaman mengenai signifikansi pemasaran digital untuk peningkatan visibilitas produk, dan (3) mendorong inovasi dalam strategi pemasaran guna mencapai segmentasi pasar yang lebih luas. Setelah sesi teori dan praktik dilaksanakan peserta dapat mengetahui platform digital pengembangan bisnis dan membuat serta mengelola akun media sosial untuk keperluan bisnis. Peserta pelatihan membutuhkan adanya kontinuitas dalam pendampingan, setelah kegiatan ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##