Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Pada UMKM Tanaman Hias Cihideung Bandung Barat

Authors

  • Rian Andriani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ade Mubarok Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Neng Diana Fitaloka Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Fransiska Sabu Kopong Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Firdaus Abdul Aziz Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.51977/jsa.v6i2.1841

Keywords:

UMKM, media sosial, pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pengembangan usaha pada UMKM Tanaman Hias di Cihideung Kabupaten Bandung Barat melalui program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Manajemen ARS University. Latar belakang kegiatan ini adalah untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM. Metode yang digunakan meliputi observasi dan wawancara, dan analisis SWOT. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ditujukan kepada UMKM tanaman hias di Desa Cihideung  ini diharapkan dapat  meningkatkan  minat  beli  masyarakat  sehingga berdampak positif pada penjualan produk selain itu juga diharapkan para pelaku UMKM tanaman hias di Desa Cihideung mampu untuk memasarkan produknya melalui media digital khususnya pada media  sosial.  Rekomendasi yang diberikan mencakup pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknologi digital, diversifikasi produk, kolaborasi bisnis, serta penguatan kapasitas manajerial. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM di sektor agribisnis, khususnya tanaman hias, dengan pendekatan yang aplikatif.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Pada UMKM Tanaman Hias Cihideung Bandung Barat. (2024). Jurnal Sosial & Abdimas, 6(2), 124-131. https://doi.org/10.51977/jsa.v6i2.1841

Similar Articles

1-10 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)