Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Pada UMKM Tanaman Hias Cihideung Bandung Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rian Andriani
Ade Mubarok
Neng Diana Fitaloka
Fransiska Sabu Kopong
Firdaus Abdul Aziz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pengembangan usaha pada UMKM Tanaman Hias di Cihideung Kabupaten Bandung Barat melalui program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Manajemen ARS University. Latar belakang kegiatan ini adalah untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM. Metode yang digunakan meliputi observasi dan wawancara, dan analisis SWOT. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ditujukan kepada UMKM tanaman hias di Desa Cihideung  ini diharapkan dapat  meningkatkan  minat  beli  masyarakat  sehingga berdampak positif pada penjualan produk selain itu juga diharapkan para pelaku UMKM tanaman hias di Desa Cihideung mampu untuk memasarkan produknya melalui media digital khususnya pada media  sosial.  Rekomendasi yang diberikan mencakup pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknologi digital, diversifikasi produk, kolaborasi bisnis, serta penguatan kapasitas manajerial. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM di sektor agribisnis, khususnya tanaman hias, dengan pendekatan yang aplikatif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##