Penerapan Digital branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Dewi Setiawati
Diny Fitriawati
Maya Retnasary

Abstract

Peran internet saat ini sangat mempengaruhi kehidupan kita, tidak terkecuali para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) dalam menjalankan usahanya. Peran internet dalam menjalankan bisnis akan sangat membantu dalam memperluas pasar dari produk kita. Permasalahannya masih sedikit pelaku UMKM yang belum terbiasa dengan  penggunaan media digital, sehingga membuat strategi pemasaran melalui intyernet belum maksimal. Pemanfaatan internet saat ini bagi pelaku UMKM bukan hanya sekedar memasarkan produk, tetapi membantu dalam membangun strategi branding. Pelaku UMKM yang banyak terkendala permaslahan permodalan dirasa penggunaan strategi digital branding akan sangat membantu agar produk UMKM Indonesia dapat merebut hati dan menarik perhatian konsumen. Strategi branding ini juga dapat membantu produk UMKM dapat menjadi raja di negaranya sendiri. Melalui pengabdian masyarakat ini, dengan memberikan pemahaman dan workshop dalam membangun brand bagi produk UMKM. Artikel ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara jelas bagaimana proses pembentukkan branding di era digital. Artikel  ini memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan UMKM mengingat saat ini  indonesia di serbu produk-produk impor. Ditambah dengan kondisi digital informasi saat ini membuat arus informasi produk produk inpor lebih mudah masuk. Oleh karena itu membangun brand di media digital sangat penting bagi UMKM untuk dapat merebut hati dari para konsumennya. Artikel ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para pelaku UMKM untuk dapat melakukan perkembangannya bisnisnya melalui strategi branding di dunia digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##