Pelatihan Manajemen Rekam Medis & Informasi Kesehatan di Puskesmas Cilimus Kabupaten Kuningan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andinna Ananda Yusuff
Fardoni
Heni Wulandari Hidayah
Nilnalmunaa
Khafidah

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas tenaga perekam medis dan kesehatan pada sarana pelayanan kesehatan sehingga mampu melakukan pengumpulan data secara komunikatif. Selain itu juga mampu melakukan pendataan secara benar, melakukan analisis kuantitatif-kualitatif, perbaikan tata kelola manajemen unit kerja rekam medis sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga dapat menghasilkan sumber informasi dalam menghasilkan informasi kesehatan yang akurat. Adanya peningkatan pengetahuan dan kompetensi tenaga perekam medis di puskesmas, serta ada perbaikan manajemen pengelolaan rekam medis di puskesmas. Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini tim pelaksana menggunakan analisa studi dan pemberian intervensi (pelatihan) kepada petugas rekam medis di Puskesmas, yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu: 1) Menggambarkan karakteristik mitra, permasalahan dan kebutuhan dari tenaga rekam medis di Puskesmas. 2) Memberikan intervensi berupa pelatihan tentang manajemen rekam medis di Puskesmas sesuai standar dan peraturan yang berlaku. Metode pelatihan dilakukan dengan interaktif, penyampaian materi (Teori dan Praktik) dan mengukur kemampuan peserta dengan : Pre-Test dan Post-Test. Serta melakukan monitoring dan evaluasi pemberian pelatihan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian di puskesmas Cilimus : 1) Petugas puskesmas sudah semakin memahami pengelolaan dan manajemen UKRM di puskesmas. 2) Masih banyak ditemukan permasalahan duplikasi No.RM, Kurangnya monitoring kualitas dan kelengkapan. 3)Pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon yang baik dari kepala puskesmas dan para peserta yang merupakan petugas di UKRM.


The aims of this research were to: 1) improve the quality of medical records and health workers related to health service facilities in order to be able to collect the data communicatively, 2) do the data collection correctly, 3) do the qualitative and quantitative analysis, 3) improve the management of medical record’s work unit based on the applicable standard to produce information in gaining accurate medical information. The development of medical records worker’s knowledge and competency in the local clinic was accompanied by the improvement of medical record’s management in the local clinic.Dealing with the dedication for society, the implementer team used analysis study and gave the medical record workers intervention service in the local clinic. The service was held into two stages: 1) portraying the partners’ characteristic, problems and needs of medical record workers in the local clinic, 2) giving intervention in the form of medical records management in the local clinic based on the applicable rule and standard. The interactive method was held in this service. The materials were theoretical and practical. The participants’ ability was measured by Pre-Test dan Post-Test. The implementer team monitored and evaluated the training given. The results of dedication program in “Cilimus” Local Clinic: 1) the employee understood more about the “UKRM” management, 2) there were many problems regarding to the duplication of medical record number and the lack of quality and completeness, 3) the implementation of this activity got positive response from the head of local clinic and the participants (employee of UKRM)

##plugins.themes.academic_pro.article.details##