Strategi Penjualan Aneka Jajanan Tradisional Pada Komunitas Binangkit

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

A Rohendi
Nining Handayani
Iis Iskandar
Gartika Rahmawati
Yuni Saraswati

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan strategi penjualan baik secara konvensional maupun secara online kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Karena UMKM merupakan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia mampu memberikan sumbangsih yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi karena usahanya  hampir dapat dijumpai di sepanjang jalan.  Mitra dalam pengabdian ini adalah pelaku UMKM komunitas Binangkit dalam bidang makanan berupa jajanan tradisional yang terdiri dari 27 UMKM dan tersebar di Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Setelah melakukan survey salah satu masalah  yang dihadapi para pelaku UMKM yaitu kesulitan dalam melakukan penjualan, dimana penjualan sangatlah penting untuk meningkatkan omzet para pelaku UMKM tersebut. Metode kegiatan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan dan diskusi bersama para pelaku UMKM mengenai strategi penjualan. Kegiatan ini berlangsung lancar dan juga pelaku usaha aktif bertanya dalam proses diskusi. Selain itu para pelaku usaha juga mengikuti strategi penjualan konvensional maupun online yang telah diberikan sebagai solusi masalah untuk meningkatkan penjualan mereka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##