PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BAGI ANAK USIA DINI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Felicia Lesica
Panji Firman Rahadi

Abstract

Kurangnya pendidikan budi pekerti bagi anak-anak usia dini berpengaruh terhadap perkembangan dan sikap anak ketika beranjak dewasa. Beberapa penyimpangan sosial yang terjadi di kalangan anak-anak remaja merupakan salah satu dampak dari kurangnya didikan budi pekerti yang baik pada usia dini. Selain didikan budi pekerti melalui guru di sekolah, orang tua pun perlu ikut campur tangan dalam hal mendidik anak-anaknya dengan baik. Tujuan didikan sedari dini adalah agar saat beranjak dewasa, anak-anak sudah menanamkan nilai-nilai budi pekerti yang baik dalam dirinya dan  melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperoleh data-data yang valid, penulis melakukan penelitian ke sekolah TK Gamaliel Bandung menggunakan metode penelitian wawancara. Dari hasil wawancara didapatkan beberapa permasalahan budi pekerti yang sering muncul pada anak-anak usia dini serta media-media yang dapat membantu para orang tua dan guru dalam menyampaikan pendidikan-pendidikan budi pekerti seperti contoh buku cerita. Dalam merancang buku cerita bergambar yang baik dan dapat menarik perhatian anak-anak usia dini diperlukan karakter-karakter yang familiar atau sudah dikenali oleh anak-anak seperti karakter-karakter shio.  Perancangan buku cerita bergambar ini bertujuan untuk membantu para guru sekaligus para orang tua dalam mendidik anak-anak dari usia dini. Dengan strategi pemasaran melalui poster, x-banner, pin, gantungan kunci, boneka pensil dan stiker, diharapkan anak-anak lebih tertarik dengan isi buku dan jalan cerita buku, serta dapat meningkatkan minat membaca sedari dini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lesica, F., & Rahadi, P. F. (2020). PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BAGI ANAK USIA DINI. Wacadesain, 1(2), 91-98. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v1i2.450

References

Arifin, Syamsul dan Adi Kusrianto. 2009.
Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Carson, Haven. 1993. Illustrators’
Reference File. New York: Van Nostrand Reinhold.
Dunn, Katherine. 2010. Creative
Illustration Workshop for Mixed Media Artist. United States: Quarry Books.
Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu
Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-Buzz Media.
Kesowo, Bambang. 2003. Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf (25 September 2019).
Munir. 2012. Multimedia Konsep &
Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Robiah, Faidatur. 2018. Membangun
Karakter Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rohidi, Rohendi. 1984. Lintasan Peristiwa
& Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru. Bandung: Percetakan IKIP.
Soedarso. 1990. Sejarah Perkembangan
Seni Rupa Modern. Jakarta: Studio Delapan Puluh Enterprise.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak
Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.