DESIGNING BOOKS ABOUT FINE ARTS FOR EARLY CHILDHOOD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggi Sugiharti
Zakarias S Soeteja
Dadang Sulaeman

Abstract

Banyak cara yang dilakukan oleh seorang guru PAUD untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak berupa media pembelajaran. Banyaknya buku pembelajaran untuk anak usia dini saat ini kurang membantu dalam penyampaian materi, oleh karena itu buku ini dibuat untuk menyajikan materi pembelajaran seni rupa yang didesain semenarik mungkin agar anak-anak dapat menyerap materi yang disajikan dengan mudah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan merancang sebuah buku untuk anak usia dini, dimana buku ini akan digunakan sebagai tugas akhir. Sumber data yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah semua tentang seni anak seperti pengenalan jenis warna, pengenalan batik, dan pengenalan teknik dalam seni (teknik lipat, teknik tiup, teknik finger painting, teknik montase, teknik drip dan teknik shadow printing. ) dan juga sumber-sumber lain yang berkaitan dengan perancangan media pembelajaran. Teknik perolehan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi langsung (observasi), wawancara, dokumentasi tertulis dan data visual, serta studi pustaka. Dengan terciptanya buku ini, diharapkan tidak hanya sebagai pelengkap tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana, tetapi juga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi guru PAUD, dalam melakukan pembelajaran bagi anak melalui buku ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sugiharti, A., Soeteja, Z. S., & Sulaeman, D. (2021). DESIGNING BOOKS ABOUT FINE ARTS FOR EARLY CHILDHOOD. Wacadesain, 2(2), 47-56. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v2i2.639

References

Garha, Oho dan Idris. (1979). Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: C.V. Angkasa.
Muharam dan Sundaryati, Warti. (1991). Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: C.V. Angkasa.
Prawira, Sulasmi Darma. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: C.V. Angkasa.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. (2010). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yeni dan Euis. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Amaliyah, U. (2011). Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Montase Pada Kelompok B. Conaplin Journal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(2), hlm. 3-4.
Istiqomah, Nufus. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting. Conaplin Journal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(2), hlm. 5-10.
Khoiriah, Ning Endah. (2006). Variasi Seni Rupa Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Conaplin Journal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(2), hlm. 11.
Mulyani, Sri. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Melipat pada Kelompok B. Conaplin Journal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(2), hlm. 8-13.
Purnaningsih, W. S. (2014). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mewarnai Pola Batik. Conaplin Journal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(2), hlm. 7-9