PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN DI SDN 107 PALEDANG BANDUNG

  • Edwin Chairil Hidayat Universitas BSI Bandung
  • Hendy Yuliansyah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Agus Triyadi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Media Interaktif, Anak, Warna, Bermain, Belajar

Abstract

Anak pada umumnya akan menyukai warna dan menggemari pelajaran mewarnai disekolah, banyaknya pilihan alat warna membuat anak dapat berkreasi menambahkan warna sesuai keinginannya, akan tetapi sebagian besar anak tidak mengetahui dari mana asal warna serta bagaimana proses pencampuran warna untuk mendapatkan warna baru yang disebut juga sebagai warna turunan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data dan informasi dari beberapa buku sumber serta wawancara dan observasi yang berfokus kepada kepemahaman anak  dengan pendekatan analisis deskriptif. Pendekatan analisis deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran tentang fakta yang terjadi terhadap kepemahaman siswa-siswi SDN 107 Paledang Bandung tentang warna. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa tingkat pengetahuan anak tentang warna bisa di bantu dengan media buku interaktif tentang pencampuran warna yang menarik, dilengkapi media pendukung kuas dan cat warna dasar serta instruksi yang ringan dan mudah dimengerti anak sebagai media buku untuk bermain sambil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co

Goethe, JWV. (1840). Theory of Colours. John Murray
.
http://robertsabuda.com dikutip pada tanggal 4 juli 2019

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muktiono, Joko. (2003). Aku Cinta Buku (Menumbuhkan Minat Baca Pada
Anak). Jakarta: Elex Media Computindo.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Piaget, Jean. (2010). Psikologi Anak: Psychology of the Child.Pustaka Pelajar.

Prasojo. (2010). Kimia Organik I. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Pratama Andika, Eric. (2017). Alat Peraga Pengenalan Warna Bagi Anak Usia Dini Studi Kasus: TK Bhineka Surabaya. Universitas Narotama Surabaya Indonesia.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Wiliyanto, Fanny. (2013). Perancangan Buku Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12. Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Published
2020-11-16
How to Cite
Chairil Hidayat , E., Yuliansyah, H., & Triyadi , A. (2020). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN DI SDN 107 PALEDANG BANDUNG . Wacadesain, 1(2), 74-82. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/wacadesain/article/view/448