PINOKIO DAN PERWAKILAN RAKYAT (ANALISIS SEMIOTIKA COVER MAJALAH TEMPO EDISI 17 OKTOBER 2019) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ben Isa Muhammad
Agus Triyadi

Abstract

Komunikasi visual hadir memberikan informasi yang berupa gambar yang dapat dimengerti oleh semua pihak. Gambar tersebut hadir dan tersebar dalam media apapun, salah satunya adalah media cetak seperti majalah. Majalah Tempo hadir sebagai salah satu media cetak obyektif dalam memberikan fakta fakta di lapangan baik buruknya suatu peristiwa yang terjadi. Dalam ilustrasi cover majalah tempo tanggal 17 Oktober 2019, di gambarkan sebuah kritik sosial berwajah jenaka berupa sidang paripurna DPR berhidung panjang dan bermasker putih seperti pinokio dengan judul teks siasat pinokio senayan seperti rekayasa politik dalam penentuan pengesahan sidang. Terdapat makna dalam tanda tanda visual dalam ilustrasi cover majalah Tempo tersebut yang diharapkan dapat mempermudah pembaca untuk mengetahui pesan pesan yang terkandung di dalamnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad, B. I., & Triyadi, A. (2021). PINOKIO DAN PERWAKILAN RAKYAT. Wacadesain, 2(1), 26-33. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v2i1.509

References

Adi, Danendro. 2014. Memaknai Bahasa Visual Pada Ilustrasi Bergambar Soeharto Di Sampul Muka Majalah Tempo. HUMANIORA Vol.5 No.2 Oktober 2014: pp.612-623
Crow, David. 2010. An Introduction to Semiotics in the Visual Arts :2nd Edition. AVA Publishing SA.
Darling, Sophie, ‘How Are Book Covers and Their Components Represented in the Digital Market?’, Interscript Journal, 2 (2019), pp.20-35
Darmawan, Ferry & Piliang, Yasraf. A. 2015. Cartoonist Visual Communication through Online Political Cartoon in the Era of the Government of President Susilo Bambang Yudhoyono. SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.8(2) November, pp.195-204. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press and UNIPA Surabaya, ISSN 1979-0112.
Male, Alan. 2007. Illustration: A Theoretical & Contextual Perspective. SA: AVA Publishing.
Nusa, Lukman. 2016. HALAMAN MUKA MAJALAH TEMPO (Studi Analisis isi Perbedaan Halaman Muka Sebagai Representasi Tajuk Utama Majalah Tempo Edisi Tahun 1993/1994 dengan Tahun 2009/2010). Jurnal Komunikasi PROFETIK, Vol.09/N0.01/April 2016. pp.22-31
Rangkuman Buku “Bagaimana Mempertimbangkan Artikel Opini Untuk Media Massa” diakses tanggal 14 november 2012 available at http://catatancalonwartawan.wordpress.com/2009/03/10/rangkuman-buku-bagaimana-mempertimbangkan-artikel-opini-untuk-media-massa/Vol.3 No.2 Oktober 2012: pp.637-644
Setiawan, Noval. 2020. Pemaknaan Cover Majalah Tempo (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 16 September-22 September 2019). SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 1, April 2020, pp.81-88
Triyadi, Agus 2017. Perupaan Tokoh Karakter Mang Ohle sebagai realita pemikiran rakyat di Jawa Barat. JURNAL BAHASA RUPA Vol. 1 No 1 -Oktober 2017,pp 43-50
Widyokusumo, Lintang. 2012. Desain Sampul Majalah Sebagai Ujung Tombak Pemasaran. HUMANIORA
https://binus.ac.id/malang/2017/10/mitos-dalam-iklan http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnal bahasarupa
https://majalah.tempo.co/
https://www.britannica.com/topic/The-Adventures-of-Pinocchio#ref1261152
https://www.britannica.com/topic/Pinocchio