PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF CERITA NABI-NABI ULUL AZMI UNTUK ANAK-ANAK DALAM BENTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Bagi anak-anak, cerita Nabi menjadi landasan bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Ulul Azmi sebagai representasi dari 25 Nabi dan Rosul yang wajib diketahui oleh seorang muslim menjadi sangat penting karena memiliki kedudukan istimewa dari nabi lainnya. Berbagai media pembelajaran mengenai cerita nabi telah banyak berkembang. Salah satu media pembelajaran yang relevan di era globalisasi ini adalah media interaktif yang berbasis aplikasi. Penelitian mengenai pembelajaran cerita nabi ini dilakukan dengan metode studi literasi dan wawancara kepada pengajar kelompok bermain anak. Metode ini dipilih karena merupakan metode yang paling tepat karena pengajar kelompok bermain dinilai lebih mengetahui cara pembelajaran, dan penyampaian informasi yang cocok bagi anak-anak. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kurangnya pembaruan dalam media penyampaian yang dilakukan oleh pengajar. Oleh karena itu penulis mencari alternatif solusi berupa media interaktif berbentuk aplikasi yang menceritakan kisah Nabi Ulul Azmi agar dapat menggugah antusiasme anak dalam proses pembelajaran.
ABSTRACT
For children, the Prophet's story becomes the foundation of attitude in daily life. Ulul Azmi as a representation of 25 Prophets and Apostles that must be known by a Muslim becomes very important because it has a special position from other prophets. Various learning media about the prophet's story have developed a lot. One of the learning media that is relevant in this globalization era is the application-based interactive media. Research on learning the story of the prophet was carried out with literacy study methods and interviews with children's playgroup teachers. This method was chosen because it is the most appropriate method because playgroup teachers are considered to be more knowledgeable about learning methods, and the delivery of information that is suitable for children. From the results of the study found that the lack of renewal in the delivery media conducted by teachers. Therefore, the authors seek alternative solutions in the form of interactive media in the form of applications that tell the story of the Prophet Ulul Azmi in order to arouse children's enthusiasm in the learning process.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aprilia, M. (2020). Strategi Guru Dalam Menerapkan Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Islami Dalam Mengembangkan Kecerdasan Eksistensial Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Kampung Dadap Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Ashin, W. (2006). Al-Hafidz Kamus Ilmu Al-Qur’an (1st ed., Vol. 1). AMZAH Jakarta.
Guru, K. (2011). Ilmu pendidikan (2nd ed., Vol. 1). PT. Rineka Cipta.
Herlandy, P. B., Doni, R., & Mukhtar, H. (2018). BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KISAH SAHABAT NABI DENGAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.415
Kusnandar, M. S. I. & O. S. (2010). Simulasi Multimedia Interaktif Untuk Menunjang Pemahaman Mahasiswa Dalam Komunikasi Visual. MANAJEMEN INFORMATIKA, 2(1).
Nasrun, M. (2007). Senang Belajar Agama Islam (Vol. 1). Erlangga.
Nikmah, A. (2018). Peningkatan Pembelajaran Rasul Ulul Azmi Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw Dan Media Gambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas V Sd N Tegalombo 04 Pati. Elementary: Islamic Teacher Journal, 6(1), 22–42.
Salsidu, S. Z., Azman, M. N. A., & Pratama, H. (2018). Trend Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Dalam Bidang Pendidikan Teknikal : Satu Sorotan Literatur. Sains Humanika, 10(3). https://doi.org/10.11113/sh.v10n3.600
Vaughan, T. V. (2006). Multimedia: Making It Work (8th ed., Vol. 3). Mc Graw Hill.
Wahyuhadi, U. (n.d.). PENGELOLAAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMK NEGERI 1 SALATIGA