GAMBARAN KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE

  • Nurul Iklima ARS University
  • Sri Hayati Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ayu Komalasari Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Kepuasan Pelayanan, Ibu Hamil, Antenatal Care, Covid-19

Abstract

Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan  reproduksi. Pemeriksaan kehamilan dilakukan minimal 4 kali selama masa kehamilan, yaitu 1 kali pemeriksaan pada trimester pertama, 1 kali pemeriksaan pada trimester kedua, dan 2 kali pemeriksaan pada trimester ketiga. Melakukan pemeriksaan ANC rutin dapat mencegah dan mengenali adanya tanda bahaya kehamilan sejak awal. Namun, dikarenakan adanya pandemi covid-19 semua aktivitas harus dibatasi termasuk kunjungan antenatal care. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna jasa pelayanan kesehatan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas IbrahimAdjie. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 57 responden. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner dan analisis data menggunakan analisis Univariate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata rata kepuasan ibu terhadap pelayanan antenatal care berada pada kategori puas diurutkan dari nilai tertinggi ke nilai terendah yaitu responsive dengan presentasi 94%, assurance dengan presentasi 86%, reliability dengan presentasi 72%, emphaty dengan presentasi 65%, dan tangible 48%. Kesimpulan menunjukan bahwa rata rata kepuasan responden dalam kategori puas.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningrum, E. D., & Damayanti, S. (2012). Hubungan Kualitas Layanan ANC dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara. Viva Medika VOLUME 05/NOMOR 08/FEBRUARI/2012.

Dinas Kesehatan Kota Bandung. (2021). Laporan Kinerja Dinas Kesehatan Kota Bandung 2021.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, 2019. Profi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Bandung.

Direktorat Kesehatan Keluarga (2020). Laporan Kinerja Direktorat Kesehatan Keluarga Tahun 2020

Dwijayanti, D. A., & Wulandari, F.C. (2019). “Gambaran tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Pogo”. Journal Komunikasi Kesehatan Vol.X No.2 Tahun 2019

Hamidiyah, A., & Hidayati, N. (2018). Kualitas Antenatal Care dengan kepuasan. Oksitosin, Kebidanan, Vol. V, No. 2, Agustus 2018 : 119-125.

Harun, H., & Wijayantono. (2019). “ Analisis Faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan”. e-ISSN:2528-66510;Volume 4;No.3 (October, 2019): 138-148.

Hasai, N. M., Matsu, M., Khaing, C. T., Imoto, A., & Huy, N. T. (2020). "Care Services at Women and Children Hospital in South Okkalapa, Myanmar: A Facility-Based Cross-Sectional Study Triangulated with Qualitative study". Patient Preference and Adherence 2020:14 2489–2499.

Hayuningsih, S., & Mutika, W. T. (2018). Hubungan antara karakteristik pasien dengan kepuasan pasien. Public Health Symposium .

Kemenkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia 2013, Jakarta : Kementrian Kesehatan RI

Kemenkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia 2014, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Kemenkes RI. 2018. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Jakarta : Departemen Kesehatan

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2020, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

POGI. 2020. Rekomendasi Penanganan Infeksi Virus Corona (COVID19). Jakarta : POGI

Pratiwi, D. E., & Rahayuningsih, F. B. (2018). Efektifitas metode word square dalam pendidikan kesehatan tentang kebersihan diri masa nifas pada ibu hamil trimester III. Prosiding Seminar Nasionkmal seri 8 e-ISBN: 978-602-450-321-5.

Putrono, Wagiyo, Ns. 2016 Asuhan Keperawatan Antenatal, Intranatal, & bayi

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2016.”Perilaku Organisasi. Organization Behavior” (Buku I, Edisi Ke-12). Jakarta : Salemba Empat.

Sastroasmoro, Sudigdo. (2012). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta : Sagung Seto.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Walyani, E. 2015. Asuhan Kebidanan pada kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru

Winarmi. 2014. Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care (ANC) Oleh Bidan di wilayahKerja Puskesmas Ngoresan: http://ejournal.almaata.ac.id

Published
2021-09-28
How to Cite
Nurul Iklima, Hayati, S., & Komalasari, A. (2021). GAMBARAN KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE. Jurnal Keperawatan BSI, 9(2), 192-199. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/611

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>